7 Cara Menjadi Mahasiswa Berpenghasilan

Belajar memang masih menjadi kewajiban utama yang diemban oleh seorang mahasiswa, namun diluar kewajiban tersebut banyak mahasiswa yang ingin berpenghasilan, baik karena berasal dari keluarga prasejahtera sehingga harus memenuhi kebutuhan sehari-harinya secara mandiri, meringankan pengeluaran orang tua, ataupun sekadar ingin menambah uang jajan. Apapun alasanya, banyak cara untuk mendapatkan penghasilan walaupun kita masih berstatus sebagai mahasiswa, berikut kami sajikan 7 diantara banyak cara untuk menjadi mahasiswa berpenghasilan :

 

  1. Mendapatkan Beasiswa

Setiap mahasiswa tentunya sudah tidak asing dengan kata ini, setiap tahunnya banyak beasiswa yang dikeluarkan untuk membantu pendidikan mahasiswa, baik dari lembaga pemerintah ataupun swasta. Nominal dari beasiswa pun beragam dari yang hanya membiayai uang kuliah sampai yang sekaligus membiayai kehidupan sehari-hari setiap bulanya. Oleh karena itu memperoleh beasiswa adalah cara yang bagus untuk menjadi mahasiswa berpenghasilan. Namun kebanyakan beasiswa biasanya mensyaratkan IPK atau nilai yang bagus, jadi agar mudah mendapatkan beasiswa kita harus pastikan nilai kita disetiap semesternya terbilang bagus.

 

  1. Menjadi Pengajar

Menjadi pengajar adalah cara yang paling banyak dilakukan mahasiswa dan secara umum pengajar bagi mahasiswa terbagi menjadi 2 jenis.

Pertama adalah menjadi pengajar di sebuah lembaga bimbingan belajar. Penghasilan mengajar di lembaga bimbingan belajar terbilang cukup besar, beberapa lembaga terkemuka bahkan bisa memberikan kita penghasilan lebih dari dua juta perbulan. Kemudian saat kita melamar untuk menjadi pengajar biasanya tidak semua lembaga mensyaratkan indeks prestasi tinggi, namun dilihat dari cara mengajar kita dikelas saat uji coba.

Jenis pengajar selanjutnya adalah menjadi pengajar privat. Menjadi pengajar privat bisa dilakukan melalui lembaga yang menghubungkan kita dengan orang tua siswa/i atau secara pribadi melalui teman dan kerabat. Jika melalui lembaga biasanya penghasilanya sudah ditentukan oleh lembaga dan tentunya uang yang kita terima sudah merupakan hasil pemotongan, sedangkan jika secara pribadi penghasilanya akan kita menerima secara langsung dari orang tua siswa/i sehingga tidak ada pemotongan. Nominal penghasilan menjadi pengajar privat beragam tergantung kesanggupan orang tua siswa/i atau kesepakatan pengajar dan orang tua siswa/i, biasanya berkisar 50rb sampai 250rb per satu kali pertemuan.

 

  1. Menjadi Reseller 0nline

Benyak cara untuk menjadi reseller online, ada yang berbayar dan ada yang tidak. Biasanya reseller berbayar akan mendapatkan status keanggotaan dan diajarkan sistem promosi dan penjualan produk yang ada di toko tersebut. Namun jangan khawatir, jika kita memutuskan untuk menjadi reseller tidak berbayar kita masih bisa menonton video pembelajaran  sejenis yang banyak tersedia di youtube dan kita wajib melakukan kesepakatan dengan toko yang produknya ingin kita jual agar kita diizinkan untuk menjual produk tersebut atas nama toko online kita dan menjual dengan harga yang berbeda, karena biasanya toko-toko online sudah menyiapkan harga yang lebih rendah dari yang dijual ditoko tersebut. Kemudian secara sistem tidak ada perbedaan sama sekali antara reseller berbayar dan tidak, intinya kita mempromosikan dan menjual produk dengan harga yang lebih tinggi dari toko asalnya.

 

  1. Menjadi Konten Kreator Pendidikan

Mahasiswa juga berpeluang untuk menjadi konten kreator terutama konten kreator pendidikan melalui media youtube,instagram, ataupun tiktok. Konten pendidikan terlebih yang berbau matematika sangat diminati oleh para pengguna platform-platform tersebut karena matematika selalu ada di berbagai tes serta pelajaran matematika juga ada di berbagai jenjang pendidikan. Oleh karena itu mahasiswa jurusan matematika atau pendidikan matematika akan sangat diuntungkan jika terjun kebidang ini

 

  1. Menjadi Blogger

Blogger pendidikan juga akan berpeluang mendapatkan penghasilan dari iklan jika tulisan di blog yang kita buat banyak dikunjungi oleh pengguna internet. Dengan alasan yang sama yaitu karena matematika selalu ada di berbagai tes dan mata pelajaranya ada di berbagai jenjang pendidikan, maka jurusan matematika atau pendidikan matematika akan sangat diuntungkan jika ingin mendapatkan penghasilan dengan menjadi penulis blog yang bertema matematika.

 

  1. Mengerjakan Proyek Freelance

Proyek-proyek seperti membuat desain, mengedit video, menerjemahkan dokumen, membuat presentasi, menulis artikel, menulis pidato, menulis makalah adalah beberapa proyek dari banyaknya proyek yang tersedia di website atau aplikasi-aplikasi khusus pencari freelance. Dari satu proyek freelance yang kita selesaikan biasanya dihargai paling kecil 50rb.

 

  1. Menjadi Driver Ojek Online

Menjadi driver ojek online juga bisa sangat menguntungkan untuk mahasiswa, karena selain bisa mendapatkan penghasilan pekerjaan ini juga tidak terikat. Jadi jika mahasiswa sedang sibuk-sibuknya dengan tugas dan ujian perkuliahan kita bisa libur dari menjadi driver  dan jika sedang luang maka kita bisa kembali menjadi driver kapan saja sesuai keinginan kita.