Be Productive

Hello everyone!

Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, seringkali media maupun para influencer mengangkat tema terkait gaya hidup produktif. Hal ini tentu saja membuatnya tak asing lagi didengar. Akan tetapi, apa sih sebenarnya arti dari produktif itu sendiri ?

pro·duk·tif a 1 bersifat atau mampu menghasilkan (dalam jumlah besar): perkebunan itu sangat –; 2 mendatangkan (memberi hasil, manfaat, dan sebagainya); menguntungkan: tabungan masyarakat dapat dipinjamkan kembali untuk keperluan –; 3 Ling mampu menghasilkan terus dan dipakai secara teratur untuk membentuk unsur-unsur baru: prefiks meng- merupakan prefiks yang –;

ke·pro·duk·tif·an n keadaan produktif; produktivitas

Dari pengertian gaya hidup produktif tersebut, serta dampak positif yang mampu dihasilkan, membuat masyarakat berlomba-lomba menerapkannya dalam keseharian mereka. Akan tetapi, tak jarang dari mereka justru bingung bagaimana harus memulainya. Berikut ini, terdapat 5 kebiasaan sederhana yang dapat kita lakukan agar hidup kita menjadi lebih produktif, yaitu :

1. Membuat To Do List

Membuat to do list yang berisi apa saja yang harus dikerjakan adalah cara yang sangat ampuh untuk mendisiplinkan diri. To do list bukan saja dapat membantu mengingatkan  dan merekap kegiatan sehari-hari, namun mendorong kamu agar terus berusaha mencapai target maupun tujuan besar yang telah direncanakan.

2. Menentukan skala prioritas

Hal ini masih berkaitan dengan pembuatan to do list, yaitu menentukan apa yang menjadi prioritas dan mendahulukannya dibanding yang lain. Jadi saat membuat to do list, pastikan hal yang menjadi prioritas diatur dalam jadwal paling awal. Sebenarnya tak perlu waktu yang lama dalam mengerjakan prioritasmu, namun yang penting adalah fokus dan konsentrasi pada hal tersebut sehingga hasilnya maksimal.

3. Tidak hanya sekedar sibuk

Hidup produktif bukan berarti kamu selalu sibuk, Hal ini berlaku juga dengan waktu istirahatmu, dimana hidup produktif tidak berarti harus bekerja 24 jam nonstop. Semua orang membutuhkan istirahat, dan pastikan kamu memiliki istirahat yang cukup serta berkualitas.

4. Hindari Multitasking

Banyak pandangan keliru yang menganggap bahwa multitasking akan membuat tugas-tugas lebih cepat selesai. Multitasking memang membuat kamu mengerjakan lebih banyak tugas, tapi tidak lebih cepat dan efektif. Dengan mengerjakan tugas secara multitasking, otak kamu akan terpecah-belah ke berbagai hal yang akhirnya tidak dapat fokus. Kalau sudah begitu, hasil pekerjaan justru menjadi tidak optimal dan bisa jadi lebih lama.

5. Berolahraga

Bagi sebagian orang, berolahraga mungkin tampak seperti aktivitas yang melelahkan dan menghabiskan tenaga. Namun ternyata olahraga yang rutin justru dapat meningkatkan energi untuk menjalani hari. Olahraga ringan dengan waktu yang singkat setiap pagi dapat membantu kamu meningkatkan ketajaman pikiran dan pastinya menyegarkan tubuh. Dengan begitu, mood kami akan lebih baik dan bersemangat untuk melakukan aktivitas dan menjadi lebih produktif lagi.

Disaat kita telah berusaha untuk mengubah gaya hidup kita menjadi lebih produktif, terkadang target-target yang kita tetapkan tidak sepenuhnya tercapai, baik itu dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Akan tetapi, jangan lupa untuk memberikan dirimu self reward, sebagai penghargaan atas usaha-usahamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Selamat berproduktif!

 

Penulis : Anisa Salsabila (Club Writer)