Hari Ini
Artikel Blog

Hari Ini

Hari ini Sepi merombak limit nestapa Diagonal waktu berjalan meretas luka  Keheningan merajut raga tak terintegralkan Seakan bumi bisu menanti keajaiban Himpunan luka berpayung dalam pengabdian Terlalu banyak insan melanggar aturan Satu-persatu jiwa terkubur kelam Hanya renungan dalam sudut, sepi...
Read More
Head and Heart
Artikel Blog

Head and Heart

Kebanyakan orang lebih fokus pada sesuatu yang terlihat. Lebih memandang sesuatu dari tingkatannya dan perannya. Besar atau kecil. Tinggi atau rendah. Sedangkan Hal kecil yang tersembunyi kadang terabaikan. Meskipun tanpa bersuara, ia berguna. Tanpa diakui, ia berarti. Disanalah tingkat keikhlasan...
Read More
Self Confidence
Artikel Blog

Self Confidence

Sudah Nonton True Beauty? Yuk upgrade Self Confidence, Kamu! Halo sobat perHITUNGan! Gimana nih liburan semesterannya? Pasti buat kalian pecinta drakor, sudah nonton True Beauty dong ya?   Gimana nih pendapat kalian tentang pem-bully-an karena adanya body shaming? Pasti tindakan...
Read More
Teknologi dan peradaban,  Perbanding lurus atau terbalik?
Artikel Blog

Teknologi dan peradaban, Perbanding lurus atau terbalik?

Berbicara tentang teknologi, memang tidak ada habisnya. Rasanya, tiap hari ada saja sesuatu yang baru yang memudahkan manusia. Mulai dari transaksi uang fisik, harus ke Bank dan antri di taller, kini transaksi cukup menggunakan mobile banking. Dahulu membeli sesuatu menggunakan...
Read More
5 Kebiasaan yang Membuatmu Pintar dalam Akademik  
Artikel Blog

5 Kebiasaan yang Membuatmu Pintar dalam Akademik  

Lakukan persiapan sebelum masuk kelas Setiap perkuliahan akan berlangsung kita harus memastikan bahwa kita masih mengingat materi yang sudah disampaikan di pertemuan sebelumnya. Jika lupa artinya kita harus mempelajarinya kembali sebelum kelas dimulai. Seandainya saat perkuliahan dosen menyampaikan materi yang...
Read More
Thinking of Everything Without Overthinking
Artikel

Thinking of Everything Without Overthinking

Stop worrying and start living. Ada kalanya kita harus memikirkan. Ada kalanya kita perlu menghiraukan. Ada kalanya kita hanya perlu memaafkan. Dan Ada kalanya kita harus acuh, tak perlu dirisaukan. Acuh terhadap perkataan seseorang yang tak sepantasnya Kita dengar. Kita...
Read More
7 Cara Menjadi Mahasiswa Berpenghasilan
Artikel Blog

7 Cara Menjadi Mahasiswa Berpenghasilan

Belajar memang masih menjadi kewajiban utama yang diemban oleh seorang mahasiswa, namun diluar kewajiban tersebut banyak mahasiswa yang ingin berpenghasilan, baik karena berasal dari keluarga prasejahtera sehingga harus memenuhi kebutuhan sehari-harinya secara mandiri, meringankan pengeluaran orang tua, ataupun sekadar ingin...
Read More
MODULO KEHIDUPAN
Artikel Blog

MODULO KEHIDUPAN

Lembutnya buaian takkan mampu menghapus luka yang tlah tercipta. Ibarat kaktus, duri-duri yang ia miliki takkan hilang apabila terbalut lembutnya sutra. Hanya sekedar membantunya berkamuflase dan menghilangkan sejenak jati dirinya. Tetapi, jangan lupa bahwa hal ini akan membuat sutra menjadi...
Read More
Let’s Take Care of Your Eyes
Artikel Blog

Let’s Take Care of Your Eyes

Allah menganugerahkan makhluk ciptaanNya sepasang mata, mata merupakan organ indera pengelihatan untuk melihat objek visual lalu mendapatkan informasi dari apa yang kita lihat. Mata berbentuk bulat dengan sedikit tonjolan menghadap kedepan, dilindungi oleh kelopak mata untuk melumasi permukaan mata dan...
Read More
Untuk Jiwa Yang Sedang Merintih
Artikel Blog

Untuk Jiwa Yang Sedang Merintih

“Tak apa hari ini kita sakit, besok berjuang lagi ya.” Terdengar klise, tapi sebuah kalimat yang sangat ampuh untuk bangkit.   Hari-hari kita pasti dipenuhi oleh naik dan turunnya emosi maupun perasaan. Tak bisa dipungkiri dalam setiap detiknya kita bisa...
Read More
Sebenernya boleh gak sih begini?
Artikel Blog

Sebenernya boleh gak sih begini?

Kerokan: Bisa sembuhkan masuk angin? Sebelum masuk ke topik kerokan, apa sih masuk angin itu? Istilah masuk angin sebenarnya gak ada didalam dunia medis lho! Trus selama ini yang kita rasain tuh apa? Pusing, perut kembung, meriang, demam itu sebenernya...
Read More
Teorema Cinta
Artikel Blog

Teorema Cinta

Kala kata tak lagi mampu mendefinisikan nya. Maka teorema harus bisa membuktikannya. Tak seperti janji manis yang kadang tak logis, hingga mampu mengurai tangis. Dari sebuah algoritma kehidupan, tentang sebuah pembuktian, kesungguhan, dan keseriusan Dingin malam mengusik raga, mempertebal rasa...
Read More
KERAMAHAN MASYARAKAT INDONESIA SEBAGAI BENTUK DARI SUATU BUDAYA
Artikel Blog

KERAMAHAN MASYARAKAT INDONESIA SEBAGAI BENTUK DARI SUATU BUDAYA

Jika membahas mengenai budaya yang dimiliki bangsa Indonesia, tentu akan menjadi suatu pembahasan yang membutuhkan waktu yang lama untuk dibahas. Mengapa? Karena Indonesia jelas memiliki beragam budaya yang setiap budayanya itu sendiri menarik untuk dibahas. Setiap budaya yang ada di...
Read More
Untuk Diriku
Artikel Blog

Untuk Diriku

Untuk Diriku, Terima kasih telah bertahan sampai hari ini. Kamu berhasil mengatasi ketakutan - ketakutan yang bersarang dalam pikiranmu. Kamu juga telah melewati pasang surut emosi yang terkurung dibalik dinding rumahmu. Ada seribu cara membalaskan dendam hari itu, ada jutaan...
Read More
Motivasi, Emang Perlu?
Artikel Blog

Motivasi, Emang Perlu?

Setiap orang perlu memiliki motivasi. Motivasi ini berguna agar seseorang dapat memulai sesuatu yang baru, menjalankannya dan juga menyelesaikannya dengan maksimal. Motivasi jelas dibutuhkan seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-harinya. Motivasi yang kuat dalam diri seseorang sangat menolong orang tersebut secara...
Read More
Memahami istilah “The Plateau of Latent Potential”
Artikel Blog

Memahami istilah “The Plateau of Latent Potential”

“When situation X arises, I will perform response Y.” – James Clear (hal. 147) Istilah ini dipopulerkan oleh James Clear dalam bukunya Atomic Habits (2018). Sebelum membahas lebih jauh ke sana, saya akan memaparkan arti kata per kata dari istilah...
Read More
Satwa Dilindungi? Manusia Mana Peduli
Artikel Blog

Satwa Dilindungi? Manusia Mana Peduli

Menurut data dari WWF (World Wildlife Fund for Nature) perusakan manusia terhadap bumi ini sudah berada pada tingkat yang sangat berbahaya, populasi vertebrata (hewan bertulang belakang) seperti burung,ikan,amfibi,reptil dan mamalia mengalami penurunan sampai ke angka 60% sejak 1970. Bahkan bisa...
Read More
Bagai Mentari
Artikel Blog

Bagai Mentari

Gemilang indah kilaunya Pancarkan sinar menawan hati Terbilang mudah kiranya Tuk mengucap takjub saat memandangi Cerahnya langit berhias awan dan mentari Oh, Sungguh tenangkan hati Tahukah mentari? Tak hanya indah gemilau Hangatnya mampu cairkan diri yang membeku Oleh setumpuk ingatan...
Read More
“Kecemasan” di Masa Pandemi
Artikel Blog

“Kecemasan” di Masa Pandemi

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ditetapkan pada 31 Maret 2020. Pemerintah Daerah (Pemda) dapat melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk satu provinsi atau...
Read More
KOEFISIEN (Kompetisi Fotografi dan Seminar Nasional)
Artikel Berita

KOEFISIEN (Kompetisi Fotografi dan Seminar Nasional)

Hari Sabtu-Senin, 19-21 September 2020 berlangsungnya acara kompetsisi fotografi dalam serangkaian acara KOEFISIEN (Kompetisi Fotografi dan Seminar Nasional) yang diadakan oleh HIMATIKA FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kompetisi ini bersifat umum dan dapat diikuti oleh semua kalangan. Peserta mengirimkan hasil...
Read More