Let’s Take Care of Your Eyes

Allah menganugerahkan makhluk ciptaanNya sepasang mata, mata merupakan organ indera pengelihatan untuk melihat objek visual lalu mendapatkan informasi dari apa yang kita lihat. Mata berbentuk bulat dengan sedikit tonjolan menghadap kedepan, dilindungi oleh kelopak mata untuk melumasi permukaan mata dan bulu mata untuk mencegah debu masuk kedalam mata.

Kita kenali bagian-bagian mata beserta fungsinya yuk!

  1. Kornea: Menangkap cahaya yang masuk ke mata lalu meneruskan ke lensa
  2. Pupil: Menentukan seberapa banyak cahaya yang dapat masuk ke mata
  3. Iris: Memberi warna pada mata dan mengatur cahaya yang masuk ke mata
  4. Lensa: membiaskan cahaya yang masuk lalu memfokuskan ke retina
  5. Retina: Seperti halnya kamera, fungsi retina menyerupai rollfilm yaitu mengubah cahaya menjadi sinyal listrik
  6. Sklera: melindungi jaringan mata yang sangat halus
  7. Saraf Optik: meneruskan sinyal listrik dari retina menuju otak

Lalu bagaimana mata bisa melihat objek? Yuk kita simak sama-sama prosesnya!

Suatu objek yang terkena pantulan cahaya ditangkap oleh kornea, setelah cahaya berhasil ditangkap lalu ia berjalan menuju lensa melalui pupil, lensa menjalankan fungsinya untuk memfokuskan cahaya yang masuk tersebut agar ditangkap oleh sel-sel yang ada pada retina karena jutaan sel pada retina sangat peka terhadap cahaya. Nah, fungsi sel-sel pada retina ini membantu mengubah cahaya menjadi sinyal listrik untuk diteruskan ke otak (bagian korteks visual) melalui saraf optic untuk diinterpretasikan menjadi objek visual.

Sesampainya di korteks visual, sinyal listrik diproses untuk dikenali bentuk dan warnanya. Kemudian bagian lobus oksipital membantu mengolah informasi mengenai objek yang kita lihat, lebih jelasnya seperti ini: Saya melihat sebuah benda bulat berwarna merah, kira-kira benda apa itu? Peran Lobus Oksipital disini adalah mengenali bahwa objek yang saya lihat adalah buah apel.

 

Penyakit Mata

Karena mata merupakan salah satu dari panca indera dan anggota tubuh, maka kita juga bisa merasakan sakit pada bagian mata, beberapa penyebab sakit mata adalah aktivitas fisik yang membuat mata menjadi lelah, virus, dan gaya hidup yang cenderung buruk.

Lalu apa saja jenis-jenis penyakit mata? Kita cari tahu bareng-bareng yuuk!!

  1. Refraksi

Biasa dikenal dengan gangguan mata buram, hal ini disebabkan cahaya yang diteruskan oleh lensa mata tidak jatuh tepat diretina. Refraksi dapat digolongkan antara lain: Rabun Dekat, Rabun Jauh, dan Rabun Jauh Dekat. Kecacatan ini dapat dikoreksi menggunakan kacamata lensa cembung dan lensa cekung.

  1. Astigmatisme (Mata Silinder)

Keadaan dimana bentuk lensa mata tidak sempurna, hal ini mengakibatkan objek yang dilihat baik jauh ataupun dekat terlihat seperti berbayang. Kecacatan ini dapat dikoreksi menggunakan kacamata lensa khusus silinder.

  1. Katarak

Katarak adalah suatu penyakit ketika lensa mata berawan atau terlihat seperti tertutup selaput putih. Pada umumnya, katarak berkembang secara perlahan dan awalnya tidak terasa mengganggu. Namun, kelamaan, katarak akan mengganggu penglihatan dan membuat pengidap merasa seperti melihat jendela berkabut, sulit menyetir, membaca, serta melakukan aktivitas sehari-hari. Penyakit ini merupakan penyebab kebutaan utama di dunia namun dapat diobati dengan Tindakan operasi mata katarak.

  1. Glaukoma

Glaukoma adalah kerusakan saraf mata akibat meningkatnya tekanan pada bola mata. Meningkatnya tekanan bola mata ini terjadi akibat gangguan pada sistem aliran cairan mata (Aqueos humor). Seseorang yang menderita kondisi ini dapat merasakan gejala berupa gangguan penglihatan, nyeri pada mata, hingga sakit kepala. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan terapi laser atau operasi

Untuk penyembuhan penyakit mata, akan dilakukan beberapa treatment tertentu mulai dari pemberian cairan obat tetes mata, antibiotik, sampai jalur operasi tergantung jenis penyakit dan penyebabnya, konsultasikan kesehatan mata anda pada dokter spesialis mata.

Sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah atas anugerah indera pengelihatan yang luar biasa, mari menjaga kesehatan mata kita dengan beberapa tips berikut.

  1. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan suplemen untuk mata;
  2. Memakai kacamata hitam agar mata terlindung dari sinar ultraviolet;
  3. Rutin berkonsultasi dengan dokter spesialis mata setidaknya 6 bulan sekali;
  4. Menerapkan pola hidup sehat seperti: tidak membaca sambil posisi tiduran, tidak menggunakan handphone atau laptop diruangan gelap (minim cahaya), dan olahraga yang teratur.

Penulis  : Fany Andisa