Motivasi, Emang Perlu?

Setiap orang perlu memiliki motivasi. Motivasi ini berguna agar seseorang dapat memulai sesuatu yang baru, menjalankannya dan juga menyelesaikannya dengan maksimal. Motivasi jelas dibutuhkan seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-harinya. Motivasi yang kuat dalam diri seseorang sangat menolong orang tersebut secara internal untuk memulai langkah yang baru, menjalankannya dengan maksimal hingga menyelesaikannya dengan baik. Dari sekian banyak hal yang memerlukan motivasi untuk dilakukan dan diselesaikan, salah satu hal yang perlu memiliki motivasi yang kuat untuk menyelesaikannya adalah pendidikan. Pendidikan merupakan suatu aspek penting yang tidak hanya berdampak pada diri sendiri, namun juga berdampak pada negara. Negara dapat mengalami peningkatan dengan cepat salah satunya adalah dengan banyaknya golongan terpelajar yang ada di negara tersebut. Maka dari itu, pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dimiliki dan dikuasai oleh seluruh masyarakat. Pendidikan ini semacam investasi jangka panjang yang manfaatnya mungkin tidak langsung dirasakan secara instan dan cepat, namun pendidikan tentu membawa pengaruh yang baik bagi siapa saja yang menguasainya.

Namun, sudah menjadi suatu rahasia umum bahwa menyelesaikan suatu jenjang pendidikan tidaklah semudah seperti hanya dikatakan. Setiap jenjang pendidikan memiliki kesusahannya masing-masing. Disadari atau tidak, jenjang pendidikan yang semakin lama semakin meningkat membutuhkan usaha yang semakin banyak untuk menyelesaikannya. Memasuki masa-masa SMA dan kuliah merupakan jenjang yang paling dirasakan kesusahannya untuk menyelesaikan pendidikan hingga ke jenjang akhir. Tugas-tugas yang semakin banyak, ditambah tuntutan-tuntutan eksternal seperti adanya tuntutan dari organisasi dan juga faktor biaya yang dapat dikatakan tidak murah dalam menempuh pendidikan menjadi beberapa alasan utama untuk memadamkan semangat dari para pelajar dan juga dari para mahasiswa dan mahasiswi. Ditambah lagi dengan adanya faktor-faktor lain seperti faktor lingkungan pertemanan yang tidak mendukung, faktor keluarga yang kurang nyaman dan juga faktor kesusahan untuk membagi waktu dalam melaksanakan setiap tugas yang diberikan dari para tenaga pengajar untuk para pelajar dan juga untuk para mahasiswa dan mahasiswi yang juga dapat mempengaruhi hilangnya motivasi untuk menyelesaikan jenjang pendidikan secara baik dan maskinal juga berdampak pada keinginan dari para pelajar dan dari para mahasiswa maupun mahasiswa untuk menghentikan pendidikannya di tengah jalan. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka akan ada gelombang penduduk yang kurang berpendidikan yang dimana hal ini juga dapat mempengaruhi keberlangsungan negara pada masa-masa mendatang.

Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut, dibutuhkan motivasi dari dalam diri sendiri yang sangat kuat. Motivasi ini berfungsi sebagai perisai untuk menghadang setiap kesempatan dan ancaman yang didapatkan dan dirasakan oleh para pelajar dan juga para mahasiswa dan mahasiswi. Motivasi ini timbul dari dalam diri sendiri, namun munculnya motivasi juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor-faktor yang berasal dari luar. Motivasi ini bukan meniadakan rasa ingin menyerah, namun memunculkan semangat untuk menyelesaikan pendidikan meskipun rasanya sudah ingin menyerah. Motivasi yang timbul dari dalam hati masing-masing akan berpengaruh pada semangat untuk menjalankan dan menyelesaikan pendidikan dengan maksimal, bukan diselesaikan dengan cara yang main-main dengan konsep “yang penting selesai”. Semangat yang timbul dari adanya motivasi yang kuat merupakan semangat yang ada dengan konsisten dan tentu berdampak secara maksimal dalam tugas-tugas dan kewajiban apapun yang sedang dikerjakan pada saat ini, bukan semangat yang didasarkan pada kondisi yang sering berubah. Kondisi eksternal mungkin dapat berubah dengan cepat, namun motivasi dalam hati bersifat sesuatu yang konsisten. Maka dari itu, diperlukan adanya motivasi yang kuat dalam menyelesaikan pendidikan, tidak peduli apapun tantangannya. Memahami bahwa pendidikan merupakan investasi yang penting untuk dimiliki setiap pelajar dan mahasiswa maupun mahasiswi, akan berdampak pada banyaknya golongan terpelajar yang ada di negara Indonesia.