PARSIAL 2018

PARSIAL (Performance, Art, Sportifity, Integrity, and Social) 2018 merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh HIMATIKA (Himpunan Mahasiswa Matematika) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai wadah kreatifitas dan hiburan di kalangan mahasiswa dan siswa SMA/sederajat se-jabodetabek.

PARSIAL 2018 diadakan pada 5-24 Maret lalu dan berhasil memperoleh peserta sebanyak 703 orang. Kegiatan ini pun terdiri dari beberapa rangkaian acara yaitu Singing Competition, Futsal Competition, Workshop Amal, dan Mathematic Competition.

1. Singing Competition

Singing Competition merupakan salah satu konten PARSIAL 2018 yang menyediakan wadah untuk mengeksplorasi diri generasi muda dalam inovasi dan kreatifitas di bidang seni, juga menanamkan nilai-nilai kecintaan akan seni budaya, khususnya dalam hal menyanyi, baik solo, vokal grup, band, ataupun akustik.

2. Futsal Competition

Futsal Competition adalah ajang silaturahmi serta menjadi ajang unjuk kebolehan mahasiswa dengan menjujung tinggi nilai sportifitas. Untuk pertama kalinya Opening PARSIAL 2018 diadakan bersamaan dengan Opening Ceremony Futsal Competition.

Acara ini terdiri dari dua kategori peserta, yaitu Mahasiswa Umum dan Mahasiswa Matematika diseluruh Indonesia.

3. Workshop Amal

Workshop Amal adalah salah satu kegiatan PARSIAL 2018 dengan tema “Cara Mengenal dan Menghasilkan Rupiah untuk Pemuda Jaman Now”. Sesuai dengan temanya, kegiatan ini memberikan suatu tips atau tutorial bagaimana cara mendapatkan uang dengan mudah di jaman sekarang. Kegiatan ini pun panitia mengundang pembicara-pembicara papan atas yaitu Atta Halilintar (youtuber, influencer), Marco Ivanos (youtuber), dan Bank Indonesia.

4. Mathematic Competition

Mathematic Competition adalah salah satu kegiatan inti PARSIAL 2018. Acara ini merupakan ajang untuk mengembangkan minat dalam bidang akademik yang diperuntukkan kepada pelajar SMA/SMK/Sederajat se-jabodetabek. Acara ini terdiri dari dua kategori, yaitu Try Out SBMPTN dab Olimpiade Matematika.

Kegiatan PARSIAL 2018 merupakan bentuk nyata kepedulian HIMATIKA dalam tersedianya sumber daya berkualitas di Indonesia yang akan menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara maju di dunia. PARSIAL pertama kali diadakan pada tahun 2014. Konsep PARSIAL adalah perpaduan olahraga dan pendidikan yang nantinya akan menjadi bekal generasi muda di masa depan.