PBAK 2020 – “Become Acquainted with The Wondrous World of Mathematics Through Cyber-Learning”

Hari Sabtu, 12 September 2020 adalah Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Dimulai dari seluruh peserta dihimbau untuk join zoom. Setelah itu mahasiswa baru dimohon untuk mengisi daftar hadir pertama sebagai pendataan kehadiran awal. Acara dimulai dengan diawali pembukaan MC yaitu Ghina Rahmah, dilanjutkan dengan pemutaran teaser serta sari tilawah yang dibacakan Muhammad Hanan Azhar Jihaannuriy. Lalu menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Mahasiswa, Hymne UIN, dan Mars HIMATIKA.

Setelah itu sambutan dari Ketua Pelaksana PBAK Matematika 2020 Asriati Sekar Dewi, Ketua HIMATIKA Maftuh Mashuri, Kepala Prodi Matematika Ibu Dr. Suma’inna, M.Si. dan di tutup dengan sambutan video dari Dekan Fakultas Sains dan Teknologi yaitu Ibu Prof. Dr. Lily Surayya Eka Putri, M. Env.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Ibu Dr. Suma’inna, M. Si berupa pengenalan Matematika di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Setelah itu, dilanjutkan dengan Pengenalan Himpunan Mahasiswa Matematika oleh Maftuh Mashuri selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Matematika. Dilanjutkan kembali penyampaian materi tentang Prospek Kerja di Matematika oleh Bapak Irvan Septiar Musti, S.Si., M.Si. Lalu untuk materi yang terakhir yaitu tentang Agent of Change oleh Akmal Tanjung.

Untuk melatih pengetahuan mahasiswa baru dalam acara tersebut juga diadakan pengisian soal seperti kuis, dimana mahasiswa baru harus menjawab 15 soal yang telah disediakan oleh panitia dengan waktu yang telah di tentukan dan mengisi absensi yang kedua sebagai bukti kehadiran mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir.