Pekan Olahraga serta Seni Antar Angkatan

Telah diselenggarakan kompetisi olahraga dan seni mahasiswa matematika pada 24 April s.d. 3 Mei 2019. Acara ini dinamakan Pekan Olahraga serta Seni Antar Angkatan (KARTESIAN). Program kerja Departemen Rasio ini sangat diminati banyak mahasiswa matematika antar angkatan tiap tahunnya. Partisipasi tiap angkatan adalah suatu tujuan utama nya, selain untuk saling bersilaturahim antar angkatan.

Ketua pelaksana kartesian tahun ini, Alif Tito, mengatakan bahwa tahun ini kartesian yang bertemakan “Burn up Your Spirit with Unlimited Passion” terbilang berjalan sukses.
Ia juga menjelaskan kelebihan kartesian tahun ini. “Mungkin persiapan dalam waktu sesingkat itu (1 minggu) dan panitia yang kurang lebih hanya beranggotakan 11 orang (Departemen Rasio), kami tetap bisa menjalankan dan menyelesaikan acara kartesian ini.” ujar nya.

Kompetisi yang dipertandingkan dalam kartesian tahun ini meliputi Futsal, Badminton, Basket, Catur, E-Sport, dan Akustik. Futsal, olahraga satu ini di mainkan dengan dua kategori, yaitu kategori putra dan putri, pertandingannya menggunakan sistem grup, dimana pemimpin klasemen yang menjadi juara nya. Badminton, di kartesian ini badminton meliputi beberapa kategori yg diperlombakan, yaitu ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Basket, cabang olahraga yg diperlombakan adalah untuk putra dan putri. sistem yang diterapkan adalah 3 on 3 system. Catur, permainan satu ini dimainkan oleh 2 orang dalam 1 tim. E-Sport, yang diperlombakan dalam kategori e-sport adalah permainan Mobile Legend, dimana satu tim terdiri dari 5 orang. Dan yang terakhir adalah bagian perlombaan seni di kartesian, Akustik, penampilan bernyanyi dari tiap angkatan yang pelaksanaanya bersamaan dengan closing kartesian.

Kabarnya, pemenang dari tiap-tiap lomba di kartesian ini akan dijadikan sebagai delegasi di acara-acara perlombaan tertentu. Seperti lomba yang diadakan oleh fakultas, atau yang lebih luas lagi.