Prokrastinasi

Siapa nih di antara kalian yang suka nunda-nunda baik itu pekerjaan, kegiatan apalagi tugas? 

Buat kalian yang suka menunda pekerjaan, tahu dong kalau hal tersebut bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain, tapi anehnya masih kalian lakukan. Benar atau tidak? 

Tau gak sih, kalau kebiasaan tersebut di dalam dunia psikologi dinamakan prokrastinasi. Prokrastinasi adalah tindakan atau kebiasaan menunda-nunda melakukan sesuatu, baik itu tugas, kegiatan, maupun pekerjaan tertentu.

Dalam diri kalian timbul perasaan sedih, menyesal, bahkan frustasi juga bisa dialami ketika kalian menunda pekerjaan. Pekerjaan yang seharusnya kalian mampu untuk dapat dikerjakan lebih baik lagi di jauh-jauh hari justru jadi kurang maksimal karena dikerjakan terburu-buru. Dan hal tersebut juga tentunya tidak bagus untuk kesehatan mental kalian. Karena ketika mengerjakan sesuatu dalam keadaan terburu-buru bisa saja mengalami stress berat atau mengalami gangguan kecemasan. 

Seorang profesor Psikologi menyebutkan bahwa prokrastinasi adalah tindakan melarikan diri dari tanggung jawab. Ketika seseorang melakukan prokrastinasi, ia akan memilih melakukan sesuatu yang menyenangkan yang hanya bersifat sementara. Sedangkan dibalik itu semua, ia akan merasa cemas dan takut karena sadar ada sesuatu yang belum dikerjakan.

Melakukan prokrastinasi memang terkadang terjadi tanpa kita sadari. Sebagian merasa sulit untuk melawan keinginan menunda-nunda tersebut. Nah, untuk itu teman-teman. Saatnya kini, kalian ubah kebiasaan menunda-nunda tersebut dengan beberapa tips berikut ini:

  1. Memanajemen waktu dan mengurutkan prioritas 

Manajemen waktu sangat penting untuk mengurangi penundaan. Aturlah waktu 24 jam yang dimilki dengan efisien. Buatlah jadwal berapa jam kalian belajar, berapa jam kalian istirahat dan bermain, serta kapan saatnya kalian harus memberikan reward pada diri sendiri. Teman-teman juga dapat mengurutkan semua tugas atau pekerjaan yang menurut kalian harus dilakukan terlebih dahulu. Dengan begitu, kalian akan mudah untuk memprioritaskan apa yang akan  dilakukan, sehingga kalian bisa fokus mengerjakannya satu-persatu.

  1. Yakin terhadap diri sendiri dan jangan takut salah 

Jika kalian tidak yakin dengan diri sendiri dan takut dengan apa yang dikerjakan itu salah, justru hal tersebut dapat membuat pekerjaan tersebut semakin tertunda. Yakin pada diri sendiri bahwa saya mampu serta berlajarlah dari kesalahan tersebut untuk diperbaiki di kemudian hari.

  1. Ingat pada tujuan awal

Ketika kalian mulai dilanda malas dan merasa berat untuk melakukan sesuatu hal. Ingatlah tujuan utama kalian untuk menggapai cita-cita. Jika sering menundanya, itu berarti kalian juga menunda terwujudnya cita-cita tersebut.

  1. Jangan menganggap enteng suatu hal

Secara tidak sadar teman-teman seringkali menganggap suatu pekerjaan atau tugas itu mudah untuk dilakukan, sehingga membuat kalian berpikir ‘nanti ajalah’. Namun setelah dikerjakan, ternyata tidak sesuai dengan apa yang dibayangkan. Ujung-ujungnya kalian akan menundanya lebih lama lagi.

 

Prokrastinasi memang tidak mudah untuk kita hindari, karena sering kali kita sulit untuk mengubah kebiasaan pada diri kita sendiri, namun kalian tetap harus kuat melawan diri kalian sendiri. Karena lawan terberat yang dimiliki setiap orang ada pada dirinya sendiri. Mulailah peduli dengan diri sendiri, atur prioritas, yakin terhadap dirimu sendiri, dan selalu ingat apa tujuan awalmu. Jadi jangan menunda-nunda pekerjaanmu agar nantinya tidak merugikan dirimu sendiri. 

 

Yuk mulai sekarang juga !

 

“Doing just a little bit during the time we have available puts you that much further ahead than if you took no action at all.”Byron Pulsifer

 

Penulis : Nur Hafizah (Club Writer)