Klo buat pkl anak matematika bagusnya dimana ya ?

298 viewsSeputar Perkuliahan
0
0 Comments

Assalamualaikum wr wb mau nanya nih kira kira klo buat anak matematika bisa pkl di tempat apa ya ? soalnya saya denger dari temen ama keluarga ada beberapa tempat pkl yang sehari – harinya itu kurang produktif bahkan gak ngapa – ngapain. Kira kira ada tips gak ya buat nyari tempat pkl atau gimana caranya biar pkl bisa produktif dan efektif ?

Answered question
Add a Comment
0
Just a stranger (anonymous) 1 Comment

Waalaikumsallam wr wb dapet pengalaman dari temen aja sih buat masalah produktif atau nggaknya kembali lagi ke persepsi dan apa yang pengen di capai dari PKL ini, semisal contoh dari temen gw ini dia misalnya dapet tempat PKL yang emang kerjaannya cuma disuruh Motokopi – motokopi doang. Tapi ketika dia di posisi begitu apakah dia emang bener bener gak bisa berkembang ? Nah karena temen gw ini orangnya sabar dan pengen tauan dia deketin lah yang kakak mentor yang bisa dikatakan bertanggung jawab atas dia. Singkat cerita dia udah deket ama kakak mentor ini gak canggung lagi buat iseng nanya2 entah itu soal kerjaan kakaknya atau seputar dunia kerja. Usut punya usut karena dia orangnya sabar dan tanggung jawab atas semuat tugas sekecil apapun sama kakak mentornya itu dikasilah tawaran buat internship bahkan gak jarang buat kerja disana langsung. Moral dari cerita ini apa di dunia kerja (mungkin lebih tepatnya di dunia nanti setelah lulus) banyak banget yang di perhitungkan entah itu relasi dan kepercayaan dari employer, respect dan tanggung jawab terhadap pekerjaan seberapun kecilnya pekerjaan itu, seberapa besar keinginan buat berkembang dan masih banyak lagi. Nah semua itu mungkin bakal belum berasa bgt saat ini tapi pas nanti udah di lulus nyari kerjaan realitas dan ilmu atau pengalaman tadi bakal kepake banget nah salah satu cara biar kita bisa lebih peka dan paham akan realitas ini gimana ya lewat belajar dari PKL itu gitu.

Mungkin ini sekedar belajar dari pengalaman temen aja gak bermaksud menggurui atau apapun intinya apapun pekerjaannya selama dijalanin dengan maksimal dan kita jaga attitude dan respect terhadap orang orang disekitar kita serta selalu pegang mindset untuk berkembang dan berguna kapanpun dimanapun insyaallah kita bisa produktif.

Semangat PKL Nya Bro/Sis

Posted new comment

Memantapi

Add a Comment
1
Anonymous 1 Comment

Waalaikumussalam ,anak matematika bisa kok pkl di tempat apa aja atau di instansi apa aja asalkan itu cocok dengan pilihan kita dan pihak instansinya mau menerima kita pkl di tempatnya. Masalah kurang produktif atau ngganya itu tergantung bagaimana tujuan dia mau pkl itu apa. Buatlah rencana mau pkl di tempat apa dan tentukan waktu yang pas, baru buat susunan secara garis besar apa yang akan kita lakukan di tempat pkl. Ngga masalah juga kalau seandainya pas pkl kita melakukan hal yang baru dan tdk ada hubungannya dengan ilmu matematika misal, toh juga nanti di akhir pkl kita diwajibkan buat laporan yang itu datanya harus diolah secara matematika sedemikian sehingga menghasilkan output
Itu aja sih buat rencana yang matang dan mantapkan tujuan dahulu, pasti nanti semuanya akan terjadi dgn yang sesuai diinginkan dan jgn mudah menyerah mencari tempat pkl ya.

Posted new comment

Memantapi juga ini

Add a Comment
1
Anonymous 1 Comment

Waalaikumsalam, bisa di tempat mana aja tapi tergantung sama kebijakan kantor/perusahaan nya mau terima jurusan Mtk apa enggak.

Buat cari tempat yg tepat bisa tanya ke kating” dulu, disana ngapain aja pkl nya dll

Atau kalau mau tempat cari tempat pkl yg gak biasa” aja, salah satu caranya bisa dengan memberitahu kemampuan diri, terus cari pertanyaan” yang berhubungan sama pkl itu. Misal “apa yg di butuhin di tempat pkl itu?”, “permasalahan apa aja yg ada di tempat pkl?”, “bisa ngelakuin apa aja buat nyelesain masalah di tempat pkl ?”, pertanyaan” tsb bisa di bahas di awal sama humas tempat pkl, dari pembicaraan itu bisa jadi bahan pertimbangan juga buat mau lanjut pkl di tempat tsb atau cari tempat lain.

Terus kalo udah dapat permasalahan itu bisa jadi bahan project yang harus kita selesain di tempat pkl. Kalo kesusahan bisa tanya dosen, prodi, kating, dll

Posted new comment

Memantapi

Add a Comment
1
Anonymous 1 Comment

Waalaikumsalam..
Karna kebetulan aku udah pernah PKL, kalo dari pengalaman aku sih, pasti juga sama pernah denger kalo pkl terkadang dibilang gak produktif. Mungkin ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan yang bisa menghindari hal itu,

1. Kamu harus mulai cari tempat PKL yang mau kamu tuju itu dari jauh-jauh hari. Bahkan bisa dari berbulan-bulan sebelumnya. Kenapa?Karna yang dikampusnya menetapkan magang dijurusan matematika ini bukan hanya kampus kita aja, tapi kampus-kampus yang lain juga ada kegiatan magang. Dan kantor/instansi biasanya gak akan nerima anak magang banyak-banyak, paling hanya sekitar 5 orang. Jadi kalau kamu mulai carinya mepet-mepet, yaaa jangan kesel ya kalo kuota magangnya udah pada full hehe.
2. Cara nya untuk nyarinya dari mana, kamu bisa minta list tempat-tempat pkl kating-kating sebelumnya, karna dari tahun ke tahun setau aku sih tempat magangnya pasti gak bakal jauh beda. Selain minta list nya, tanya juga pengalaman kating yg udah pernah magang di instansi tersebut. Kalau memang menurut kamu kurang produktif, bisa kamu hindari dan cari tempat magang yang lain.
3. Jangan takut untuk ditolak sama instansi magang yang kamu tuju yaa, apply aja dulu. Kalo ditolak, coba lagi ke tempat yang lain.

Dan kalau dari pengalaman aku yang juga saling sharing dengan teman-teman yang sudah pkl sih, biasanya untuk anak magang memang gak akan dikasih pekerjaan yang berat. Pasti di kasih yang ringan-ringan aja, sampai mungkin kita mikirnya kok gak produktif banget yaa?Yaa kalau terlanjur terjadi seperti itu, dijadiin pengalaman aja gapapa yaa. Semisal mau nambah pengalaman lagi, kamu kan juga bisa melakukan magang lagi nantinya.

Semangat mencari tempat PKL 🙂

Posted new comment

Mantul Parah

Add a Comment
Write your answer.