Sadar Penuh, Hadir Utuh

Mindfulness yang banyak manfaatnya untuk hidup

 

Nah, teman-teman pastinya sudah tidak asing mendengar kata “Mindfullness”  ya? Karena populer di zaman sekarang ini. Tetapi, tahukah maksud dari mindfulness itu sendiri? Mari kita berkenalan dengan mindfulness yang sebenernya berpengaruh dalam hidup dan punya banyak manfaatnya.

 

Mindfulness ini adalah Pilihan dalam hidup ketika kita melakukan sesuatu. Mindfulness ada tiga macam :

  • Mindful

Yaitu memberikan ruang pada otak kita dalam memikirkan hal-hal yang produktif, untuk berkreasi, hal-hal yang bermanfaat untuk diri kita. Bukan hanya memenuhinya dengan berbagai pikiran yang seringkali tidak bermanfaat.

 

  • Mind Full

Yaitu ketika memenuhi otak kita dengan banyak hal sekaligus, mikirin setiap hal, sehingga otak terasa penuh seperti mau meledak. Biasanya ini terjadi ketika misal punya deadline banyak atau kita sedang mengalami masalah yang kompleks dalam hidup. Ketika otak full biasanya tidak bisa bekerja secara “sempurna”, Karena otak butuh ruang untuk berkreasi, menemukan solusi, menjalani aktivitas dengan baik atau tenang.

 

  • Mindless

Yaitu gak mikir sama sekali. Kalau kita scrolling nonton Youtube, Instagram Story, biasanya kita melakukannya mindless. Mindless itu tidak bertujuan dan tidak sadar. Jadi kita tidak sadar sedang melakukan apa atau kita tidak punya tujuan.

 

Seorang pakar mindful, Jon Kabat Zin menyebutkan yang namanya mindful adalah “ paying attention in particular way ”, memberikan perhatian dengan cara tertentu. Cara tertentu ini ada tiga ciri-cirinya :

  • On Purpose : Bagaimana memfokuskan perhatian kita pada tujuan.

Contohnya, Teman-teman yang masih kuliah. Kalau sudah kehilangan tujuan kuliah, dia akan kehilangan semangat dan motivasi. Akhirnya melakukan kuliahnya gak sepenuh hati. 

 

  • Present Moment : Memfokuskan perhatian pada hari ini atau saat ini. Menghadirkan perhatian kita pada hari ini atau saat ini. Tidak mengkhawatirkan masa depan atau menyesali masa lalu. Tidak membiarkan pikiran itu melayang ke masa depan atau mengembara ke masa lalu. 

 

  • Non Judgemental : Tidak menghakimi 

yaitu ketika melihat sesuatu apa adanya. Karena ketika kita menghakimi, ada kecenderungan untuk membandingkan diri kita dengan orang lain.

 

Mindfulness itu hidup yang meaningful bukan meaningless, yang penuh dengan pemaknaan, bukan yang tanpa makna dan bagaimana kita bisa memfokuskan perhatian tanpa menghakimi, tanpa menilai, atau melihat sesuatu apa adanya. Selanjutnya setelah paham terkait mindfulness. Berikut Manfaat yang kita dapatkan jika menerapkan mindfulness dalam hidup :

  • Lebih bahagia menjalani hidup

Dalam riset Matthew Killingsworth dijelaskan bahwa dia melakukan riset ke 150 responden. Dalam kajian psikologi, mode pikiran manusia ada dua macam: 

– Mode Focused, kunci bahagia: hadir kita utuh di saat ini 

– Mode Defocused, wandering mind: mode melamun 

Menurut Matthew Killingsworth, kita bahagia ketika memfokuskan perhatian di saat ini, bukan membiarkan pikiran kita melamun. Menariknya, menurut hasil riset Matthew Killingsworth, 47% waktu kita digunakan untuk melamun yang efeknya jadi kurang bahagia menjalani hidup.

 

  • Lebih produktif dimanapun

– Pada saat kita mempraktekkan mindfulness, fokus kita akan terlatih. Orang akan produktif kalau dia bisa mengarahkan fokusnya pada hal-hal yang produktif.

– Seseorang yang mempraktekkan mindfulness dia akan melakukan sebuah pekerjaan secara singletasking. Singletasking adalah fokus mengerjakan satu hal di satu waktu. Ini adalah lawan dari multitasking. Banyak orang menganggap multitasking itu mempercepat pekerjaan. Namun hasil riset ditemukan bahwa multitasking justru memperlambat pekerjaan dan menurunkan kualitas hasil kerja, kecuali multitasking untuk pekerjaan-pekerjaan yang tidak terlalu penting. 

 

  • Lebih sehat, menurunkan stress

Mindfulness ini bisa menurunkan stres. Pikiran dan tubuh merupakan satu sistem. Jadi,ketika kita fokus menjalani hidup dengan mengendalikan pikiran dan cara tubuh kita bekerja secara satu waktu, ini membuat kita lebih sehat dan terhindar dari stress yang berlebihan. Bagaimana cara menerapkan Mindfulness?

– Satu aktivitas, satu waktu

Sadar penuh, hadir utuh. Misalnya kita mau belajar kemudian olahraga Belajarnya dulu di selesaikan. Jangan kita olahraga tapi perhatian kita masih ke belajar.

 

– Sadari dan pilih respon

Dalam hidup ada kejadian di luar diri kita yang sebenarnya tidak bisa mempengaruhi perasaan maupun pikiran kita. Ketika menghadapi situasi jangan sampai reaktif, merespon sesuatu tanpa sadar.

 

– Fokus terhadap apa yang ada di dalam kendali

Hal di luar kendali itu tidak bisa kita kendalikan. Contoh di luar kendali kita adalah sikap orang lain, kebijakan pemerintah, pandangan orang lain. Kalau kita mikirin hal-hal yang di luar kendali, kita akan stres. Sedangkan hal-hal yang dalam kendali kita itu seperti perasaan, pikiran, tindakan, ucapan.

 

– Kenali tujuan penciptaan diri

Mengenali tujuan penciptaan diri agar hidup kita meaningful “bermakna, by purpose” Karena setiap manusia diciptakan di bumi ini ada tugas. Secara umum, Bagi muslim tugas manusia ada dua  yaitu beribadah dan menjadi khalifah. 

Tapi, ada tugas-tugas spesifik antara orang yang satu dengan orang lainnya. Karena menyesuaikan spec kita yaitu bawaan lahir yang berbeda. Kita bisa mengenali tugas kita dengan mengenali spec kita. Ada orang yang dari kecil sudah keras kepala artinya dia mungkin ditugaskan untuk jadi orang konsisten, bisa jadi penegak aturan. 

 

Nah, setelah mengetahui mindfulness ini. Semoga kita bisa menerapkannya ya ! Menjadikan hidup yang lebih bermakna, karena sadar penuh dan hadir utuh.

 

Penulis : Dina Mariana (Clubu Writer)