Satu Malam Bersama HIMATIKA UIN Jakarta

Rutinitas perkuliahan yang padat dan monoton adalah salah satu faktor yang membuat semangat mahasiswa menurun dalam berorganisasi, khususnya bagi pengurus HIMATIKA 2018 yang sudah menjalani masa kepengurusannnya kurang lebih selama 8 bulan.

Demi menjaga semangat pengurus HIMATIKA 2018, maka dibentuklah program kerja “One Night”. One Night atau disingkat ONET merupakan salah satu program kerja dari departemen EKSPANSI yang sudah terlaksana pada 14-15 September lalu. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari 1 malam dimulai dari jumat sore sampai sabtu siang  yang bertempat di villa cirendeu.

One Night

Sebelum acara dimulai panitia dan peserta melaksanakan solat magrib berjamaah, dan dilanjutkan dengan membaca surat yasin bersama sampai menjelang solat isya. Acara dimulai setelah solat isya yang diawali dengan pembukaan oleh Alif Tito dan Retno Citra Asih sebagai MC, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua pelaksana, Ketua HIMATIKA UIN Jakarta, dan Badan Pertimbangan Organisasi (BPO). Setelah sambutan, peserta dan panitia bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HIMATIKA yang dipimpin oleh Badriatul Mursyidah. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan Koper Ransel oleh Radon dan teknis pelantikan anggota tingkat 1 yang akan dilaksanakan setelah acara ini selesai oleh Heryanti Dewi. Selanjutnya, pembagian kelompok yang dijelaskan oleh Figia dimana setiap kelompok berisi dari berbagai departemen. Pembagian kelompok ini akan digunakan pada saat sharing departemen dan games.

Setelah pembagian kelompok selesai, selanjutnya adalah sharing departemen dan evaluasi kepengurusan. Pada sharing departemen ini masing-masing kelompok berkumpul untuk menyampaikan kegiatan apa saja yang sudah terlaksana atau yang akan dilaksanakan serta apa saja kekurangan dan kelebihan antar departemen. Setelah itu, dilanjutkan dengan evaluasi kepengurusan yang dipimpin oleh Maryanto selaku ketua HIMATIKA UIN Jakarta, dimana semua pengurus berkumpul dan masing-masing dapat menyampaikan keluh kesah mereka serta menyampaikan kekurangan-kekurangan yang ada pada kepengurusan HIMATIKA BERSAMA 2018. Sharing departemen dan evaluasi kepengurusan tersebut bertujuan agar setiap pengurus saling mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada masing-masing departemen umumnya pada kepengurusan HIMATIKA BERSAMA 2018. Kemudian acara yang terakhir adalah menonton video yang telah dibuat oleh panitia. Agar meningkatkan kembali semangat pengurus, didalam video tersebut terdapat pesan dan motivasi dari kakak-kakak senior yang pernah menjabat sebagai pengurus HIMATIKA. Setelah acara ini selesai peserta diperbolehkan untuk beristirahat untuk melanjutkan acara pada esok hari.

Games Onet

Keesokan harinya, acara dilanjutkan dengan games yang sudah disiapkan oleh panitia. Pada games ini kelompok yang sudah dibentuk saling kerja sama dan  berlomba-lomba untuk memenangkan games dan pemenang pertama akan mendapatkan penghargaan dari panitia. Setelah games selesai, acara ditutup oleh MC dan masing-masing pengurus diperbolehkan untuk pulang.