Self Talk

Self talk

seni berbicara dengan diri sendiri

 

Pernah ga sih kalian berbicara dengan diri sendiri? Ketika bercermin, ketika sedang kesal, atau lainnya. Ehhh jangan salah loh.. Ternyata berbicara sendiri itu bukan suatu hal yang aneh dan merupakan hal yang wajar. Yapp!! Ia bernama self talk. Tidak hanya itu, self talk juga memiliki banyak manfaat lhoo.. Yuk kita bahas.!

Jadi, self-talk adalah dialog internal pada diri sendiri yang dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar dengan mengungkapkan pikiran, pertanyaan, serta gagasan, yang diucapkan dalam hati atau disuarakan secara lantang sehingga menjadi sugesti bagi diri sendiri.

Ada dua jenis self-talk yang mungkin paling dikenal, yakni instructional self-talk, seperti berbicara sendiri melalui tugas, dan motivation self-talk, seperti mengatakan pada diri sendiri, “Saya bisa melakukan ini.” Mungkin terdengar klise, namun memotivasi diri sendiri adalah salah satu cara terbaik untuk menggapai kesuksesan.

Melansir The Healthy, berikut ini manfaat lainnya dari berbicara sendiri:

Meringankan Rasa Kesepian

Berbicara kepada diri sendiri membantu mengurangi kesepian. Hal ini bisa menenangkan dan membantu mengisi tempat yang tenang dengan suara kamu sendiri saat tengah sendirian. Namun, kamu perlu khawatir jika kamu malah gemar berdebat dengan diri sendiri. Ini bisa menjadi indikasi perilaku abnormal yang perlu mendapatkan perawatan dari psikolog dan psikiater profesional.

Membuat Kamu Tetap Teratur

Berbicara pada diri sendiri misalnya tentang agenda harian akan memungkinkan kamu untuk tetap di jalur yang seharusnya. Penting untuk diketahui, pikiran hanya dapat memproses satu tugas pada satu waktu meskipun kamu berpikir bisa melakukan banyak tugas. Cobalah berbicara sendiri bisa sambil berjalan, mengemudi, atau menyiapkan makanan. Melakukan hal ini membantu pikiran kamu memilah-milah kekacauan hari itu, sehingga dapat memprioritaskan suatu hal dengan lebih baik.

Menghilangkan Stres

Karena berbicara kepada diri sendiri memungkinkan kamu untuk mengatur pikiran dan memprioritaskan kewajiban, maka pada gilirannya kamu akan menjadi lebih rileks, terhindar dari stres dan dapat mengikuti arus.Selain itu, berbicara kepada diri sendiri mampu mempersiapkan diri untuk masa-masa sulit dalam hidup, seperti percakapan dengan orang yang dicintai, kolega, atau bos. Entah melatih pembicaraan apa yang kamu katakan, atau mendengar kata-kata yang kiranya akan keluar dari mulut, beberapa hal ini bisa kamu lakukan. Hal ini memungkinkan kamu mampu menghadapi situasi sulit dengan keberanian dan percaya diri.

Menumbuhkan Kemandirian

Mereka yang berbicara kepada diri mereka sendiri dapat mencari ke dalam diri mereka sendiri ketika mereka membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan masalah. Sementara orang yang tidak gemar berbicara sendiri mungkin secara otomatis menceritakannya ke kolega atau orang lain untuk mendapatkan bantuan.

4. Membantu diri untuk mengambil sisi positif dari suatu peristiwa

Positive self-talk bukan berarti membohongi diri sendiri, ya. Cara ini dilakukan agar seseorang terbiasa untuk melihat segala peristiwa dalam sudut pandang positif.
Misalnya, ketika peristiwa buruk terjadi karena kesalahanmu, melakukan positive self-talk akan membantu kamu untuk mengambil sisi positif dari peristiwa tersebut. Ke depannya, kamu bisa belajar dari kesalahan dan melakukannya dengan lebih baik, bukannya berhenti di tempat dan menyesali apa yang sudah terjadi di masa lalu.

5. Membangun kekuatan mental
Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang melakukan positive self-talk cenderung lebih kuat secara mental sehingga lebih terhindar dari kecemasan, stres, dan depresi. Positive self-talk juga dapat membuat seseorang lebih menghargai badan dan penampilannya, sehingga mencegah atau bahkan mengatasi gangguan makan. Selain itu, orang dengan mental yang kuat juga akan mampu berpikir secara jernih dalam menghadapi kesulitan atau tantangan yang dialami. Hal ini membuat mereka tidak mudah terpuruk ketika mendapatkan cobaan.

6. Menjaga kesehatan fisik secara keseluruhan

Selain menjaga kesehatan mental dan meningkatkan kualitas hidup, positive self-talk juga berdampak baik bagi kesehatan fisik kamu, lho. Kebiasaan ini membuat tubuh menjadi lebih bugar dan mencegah kamu terkena penyakit kardiovaskular. Selain itu, daya tahan tubuh juga dapat lebih kuat dengan sering melakukan positive self-talk.
Selain berbagai manfaat di atas, positive self-talk juga bisa dilatih pada anak-anak. Langkah ini bahkan bisa menjadi salah satu cara untuk membimbing anak agar bisa tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan juga mencegah terbentuknya sifat perfeksionis.

Wah banyak sekali ya sobat manfaatnya. Yuk kita coba praktikkan!

 

Penulis : Nurjanah Triani (Club Writer)