Stop Wishing Start Doing with BIMTES HIMATIKA 2019

Salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru). Para calon peserta SPMB berbondong-bondong mencari informasi mengenai SPMB itu sendiri, termasuk mempelajari soal-soal tahun lalu beserta prediksi tahun ini.

Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) telah menyelenggarakan program Bimbingan Tes HIMATIKA 2019 selama tiga hari berturut-turut mulai dari tanggal 17 hingga 19 Juni 2019. Dengan tema “Stop Wishing Start Doing“, diharapkan program ini dapat mencapai tujuannya, yaitu membantu dan melancarakan para calon peserta dalam mengerjakan soal-soal SPMB. Pemateri atau tutor yang bertugas berasal dari mahasiswa UIN yang berkompeten dibidangnya.

Lokasi hari pertama di Teater lantai 4 FST. Rangkaian acara demi acara telah terlaksanakan dengan baik dan sesuai rencana. Mulai dari pembukaan oleh MC, tilawah dan sari tilawah, menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjut dengan sambutan dari ketua pelaksana, Yulia Amandari. Lalu sambutan serta pembukaan acara BIMTES HIMATIKA 2019 oleh ketua HIMATIKA, Maftuh Mashuri. Barulah masuk ke acara inti, yaitu pembelajaran soal-soal SPMB. Dimulai dengan pelajaran Bahasa Inggris, TPA, Bahasa Indonesia, PAI, dan Sosiologi. Kemudian semua peserta diperbolehkan pulang.

Hari kedua, rangkaian acara hanya berisi pembelajaran-pembelajaran saja. Mulai dari Kimia, Matematika Soshum, Fisika, Geografi, Biologi, Sejarah, Matematika Saintek, Ekonomi, dan Bahasa Arab. Lokasi pembelajaran untuk Soshum di Teater lantai 4, dan untuk Saintek di kelas 5.010 dan 6.002 FST.

Hari terakhir difokuskan pada Try Out yang dilaksanakan di Teater lantai 2 FST. Try Out berlangsung selama kurang lebih empat setengah jam dengan diselingi 10 menit break tiap jedanya. Kemudian setelah ishoma, acara dilanjut dengan keliling kampus UIN untuk mengenalkan lingkungan UIN kepada peserta. Setelah keliling kampus, seluruh peserta diarahkan ke Teater kembali, acara dilanjut dengan hiburan, dan QnA oleh Intan Lucky Rahayu. Banyak peserta yang antusias untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar UIN, mulai dari beasiswa, gaya hidup di perkuliahan, mata kuliah, organisasi, dan lain-lain. Selanjutnya rangkaian acara terakhir yaitu penutupan oleh MC serta foto bersama peserta dan panitia BIMTES HIMATIKA 2019.