Studium General dan Training Desain

Studium General adalah tradisi kampus-kampus besar di Eropa dan Amerika. Di Indonesia, studium general atau sering dikenal dengan kuliah umum telah mendarah daging dan selalu diadakan oleh perguruan-perguruan tinggi untuk menambah wawasan baru bagi mahasiswa tentang pengetahuan yang selama ini tidak dipelajari di bangku kuliah.

Pada 7 April 2018 lalu, program studi matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah mengadakan kegiatan studium general yang dibantu oleh departemen DELTA sekaligus menjalankan program kerjanya. Studium general yang berlokasi di Theater lantai 4 FST ini mengambil tema “Mengenal Program Pensiun” dengan mengundang pembicara dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu Mujaya Nyata, SE, MM.

Studium General

Acara ini diwajibkan untuk mahasiswa Matematika angkatan 2015-2017 dengan harapan mahasiswa dapat mengenal dan memahami program pensiun yang telah banyak diterapkan di Indonesia serta dapat mengolaborasikan pengetahuan matematika yang telah didapat dibangku kuliah dengan program pensiun ini kelak.

Setelah acara studium general ini selesai, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Trainning Desain (RADIAN) yang diadakan oleh departemen Media dan Informasi (MEDIAN) yang mengambil tema “Let’s be a creative” dan mengundang pembicara dari Dapur Seni yaitu Yannuar Wiby Sudarto.

Acara ini adalah salah satu program kerja departemen median dan merupakan pelatihan tentang bagaimana cara mendesain dengan menggunakan aplikasi photoshop yang akan dibimbing oleh pembicara.

Karena minimnya mahasiswa-mahasiswa matematika yang dapat mengerjakan suatu projek di bidang desain ketika dibutuhkan dalam suatu kegiatan HIMATIKA, acara ini juga bertujuan untuk melatih dan mengenalkan aplikasi/software photoshop yang biasa digunakan untuk mengedit atau mendesain gambar. Selain ahli dalam bidang matematika, mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan di luar bidang yang sekarang mereka tekuni tersebut serta dapat berkontribusi di dalam kegiatan-kegiatan HIMATIKA.