The Great Radian Festival

Pada hari Sabtu tepatnya tanggal 2 Agustus 2019, telah diselenggarakan salah satu program kerja Departemen Median HIMATIKA dengan nama GRAF (The Great Radian Festival). Dimana ‘Radian’ itu sendiri merupakan program kerja rutin Departemen Median yang isinya merupakan pelatihan design suatu poster, banner, dan semacamnya. GRAF sebagai puncak acara dari Radian, didalamnya selain pelatihan photoshop, terdapat pula lomba design di akhir acaranya. GRAF dibuka untuk seluruh mahasiswa FST dengan biaya yang sangat murah, yaitu Rp10.000 untuk mahasiwa luar Matematika, dan Rp8.000 untuk mahasiswa Matematika. Tujuan diselenggarakannya GRAF ini adalah untuk mengembangkan keahlian non akademik mahasiswa di bidang design.

Acara di mulai pukul 09.30 WIB, acara di buka oleh selaku MC kemudian lantunan ayat suci Al qur’an, lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari ketua pelaksana (Azahra Benita), ketua HIMATIKA (Maftuh Mashuri) dan sambutan terakhir dari Badan Pertimbangan Organisasi HIMATIKA (Panji Reza). Acara yaitu selanjutnya materi yang diisi oleh Lintang Bristian tentang photoshop, lalu dilanjutkan dengan tutorial pembuatan poster dengan tools yg ada di aplikasi photoshop. Pada pukul 12.00 – 12.45 WIB kegiatan, di jeda untuk melaksanakan ishoma, acara kemudian kembali dimulai pukul 13.00 WIB dengan melanjutkan tutorial. Setelah tutorial selesai, masuklah ke rangkaian acara selanjutnya yaitu lomba membuat poster. Lomba dilaksanakan hingga pukul 16.00 WIB.
Hasil-hasil karya para peserta pun dinilai oleh juri yang berkompeten dibidang design. Saat peserta menunggu hasil penilaian, peserta dihibur oleh penampilan dari Departemen Rasio, yaitu penampilan menyanyi oleh Hafifah, Soraya Zulfa, dan Alfi Hasni. Setelah mendapatkan hasil penilaian juri, pengumuman pemenang juara 1 dan 2 akhirnya dibacakan. Juara satu dimenangkan oleh Adam Aditama dari Matematika 2016, dan juara dua dimenangkan oleh Danny Yoga dari Matematika 2016. Acara pun telah selesai, dan ditutup dengan pembacaan doa serta foto bersama peserta dan panitia.

“Karna penting banget punya keahlian kayak gini tuh, makanya gua kemarin tertarik banget ikut. Buat cara ngajarinnya sih mantep banget emang lintang, gua aja yg tadinya mikir ‘bisa gak yaa kalo gua ikut pelatihan ini?’, ternyata alhamdulillah bisa. Walaupun yang diajarkan cuman hal hal dasar seenggaknya bisa dikembangkan lagi sama kita yg masih belajar buat lebih ahli lagi.” ujar sang juara pertama, Adam Aditama, tanggapan langsung dari salah satu peserta mengenai acara GRAF. “Mantap dah pokoknyaa, gua berharap banget ga cuma photoshop doang tapi bisa software lainnya.” lanjutnya.