Welcome to Himatika UIN Jakarta

Senin, 26 Agustus 2019, hari pertama para mahasiswa baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2019 menjalankan pekan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Pekan yang sebagian besar mahasiswa baru ekspektasikan “mencekam dan memyeramkan” ini, diharapkan dapat lancar dan mencapai tujuannya, mengenalkan kampus beserta budayanya, dan bukan suatu perpeloncoan belaka. Pekan ini dimulai dengan pertemuan para mahasiswa baru bersama teman-teman jurusan mereka masing-masing.

Ruang kelas nomor 5.003 menjadi tempat bersejarah bagi mereka, mahasiswa baru Program Studi Matematika beserta panitia yang bersangkutan. Mereka melaksanakan rangkaian acara yang sudah matang disiapkan sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Mulai dari registrasi, pengumpulan tugas-tugas, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Himatika, pembacaan tata tertib, serta penutupan. Rangkaian yang begitu singkat, dikarenakan pada hari tersebut para mahasiswa baru masih harus melaksanakan PBAK Fakultas.

PBAK Jurusan kemudian berlanjut pada hari kamis, 29 Agustus 2019. Dimulai dengan registrasi, pengumpulan tugas, pembukaan oleh MC, tilawah, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne UIN, dan Mars Himatika. Dilanjut dengan sambutan-sambutan yang dimulai oleh selaku ketua pelaksana, Fadlan Bima, kemudian ketua Himatika, Maftuh Mashuri, dan ketua program studi matematika, Dr. sumainna, M.Si.

Kemudian penyampaian materi-materi oleh Ibu Dr. Suma’inna, M. Si berupa pengenalan Matematika di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dari awal berdirinya Matematika hingga peminatan yang tersedia di Matematika, lalu materi tentang Fungsi Mahasiswa sebagai Agent of Change oleh Maryanto. Dilanjutkan lagi materi selanjutnya yaitu tentang Prospek Kerja di Matematika oleh Nur Imas Nindy A, S. Mat. Dan materi akhir yaitu tentang hubungan antara TI dan Matematika oleh Rizal Broer Bahaweres, M.Ti.

Setelah semua materi selesai, dilanjutkan dengan presentasi dan yel-yel dari masing-masing kelompok diselingi dengan mahasiswa Matematika dari alumni hingga angkatan 2015. Setelah itu, dilanjutkan dengan makan bersama dan sholat Zuhur berjama’ah.

Setelah ISHOMA, diumumkanlah reward berupa kelompok terbaik, presentasi terbaik, peserta laki-laki dan perempuan terbaik, buku tugas himatika terbaik, dan life mapping terbaik. Saat pengumuman reward selesai, tibalah evaluasi yang dilakukan oleh komdis untuk menasihati mahasiswa baru mengenai etika, tugas, dan lain-lain. Setelah evaluasi, disambung dengan foto bersama lalu MC menutup acara. Setelah itu, mahasiswa baru diserahkan kembali untuk mengikuti PBAK Fakultas.