WORKOUT FROM HOME

Sejak awal 2020, berbagai istilah yang jarang digunakan mulai bermunculan dalam menyikapi adanya pandemi Coronavirus atau yang biasa kita kenal dengan sebutan COVID-19 yang tengah melanda seluruh negara-negara di dunia. Namun tanpa disadari, adanya pandemi ini juga mengubah gaya hidup setiap masyarakat, mulai dari banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan secara online seperti sekolah, kuliah, perkantoran dan banyak lagi kegiatan lainnya. Hal tersebut berdampak pada perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia, yang mana akhir-akhir ini banyak sekali orang-orang yang mempromosikan berbagai macam gaya hidup baru secara besar-besaran. Sebagai contoh Pemerintah mulai memopulerkan istilah New Normal Life.

New Normal Life ini lebih berpihak pada melakukan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di rumah demi memutus penyebaran virus ini. Tidak hanya melakukan berbagai aktivitas dari rumah, namun juga menggunakan masker, meningkatkan kebiasaan cuci tangan dan juga menghindari tempat-tempat keramaian. Masyarakat merespons dengan ikut meramaikan New Normal Life yang dibentuk pemerintah dengan kampanye di sosial media menggunakan #DiRumahAja dan juga dukungan untuk terus cuci tangan dan menggunakan poster melalui poster-poster dan iklan-iklan yang disebarluaskan melalui media apapun. Selain itu, muncul pula istilah WFH yaitu Work From Home, yang mengartikan sebuah anjuran untuk bekerja dari rumah saja. Selain itu, muncul pula istilah yang sama juga disingkat dengan WFH, namun dijelaskan dengan Workout From Home.

Workout From Home ini mulai menjadi salah satu kegiatan alternatif yang dapat dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia yang tetap ingin melakukan kegiatan olahraga namun juga tetap ingin menjaga diri dari paparan virus COVID-19 yang kian semakin menyebar luas. Workout From Home inilah solusi yang paling tepat untuk masyarakat yang sudah rutin dalam melakukan kegiatan berolahraga sebelum adanya pandemi ini. Kegiatan olahraga yang sudah tumbuh menjadi suatu kebiasaan ini dapat dilaksanakan dari dalam rumah, atau bahkan disekitar halaman rumah yang tentunya akan menghasilkan suasana berolahraga yang berbeda. Selain itu juga, dengan adanya Workout From Home ini juga bisa menjadi salah satu dari banyak sekali kegiatan alternatif positif lainnya yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam mengisi waktu luang yang dimiliki dengan melakukan berbagai macam kegiatan olahraga yang dapat dilakukan di rumah bersama keluarga atau bahkan teman sekitar.

Selain itu, Workout From Home juga membantu masyarakat dalam menjaga kesehatan, karena dengan adanya pandemi ini kita tidak hanya harus menaati protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan lain sebagainya, namun juga kita harus selalu menjaga imunitas yang dimiliki oleh tubuh kita agar tidak mudah terpapar berbagai macam virus, terutama dimusim-musim adanya ancaman virus yang mematikan seperti saat ini. Melakukan kegiatan Workout From Home juga tidak serumit apa yang kita bayangkan, dan pastinya tidak memerlukan alat-alat khusus seperti yang ada di tempat-tempat olahraga (seperti tempat gym). Ada banyak sekali jenis olahraga yang dapat kita lakukan tanpa memerlukan bantuan alat khusus apapun seperti melakukan skipping, push up dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga jenis-jenis olahraga yang membutuhkan alat yang dapat ditemukan di rumah, seperti melakukan senam yang hanya membutuhkan speaker untuk menyalakan lagu iringan senam. Selain meningkatkan kesehatan, Workout From Home yang dilakukan bersama keluarga di rumah juga dapat memberikan manfaat positif lainnya seperti meningkatkan keakraban antar anggota keluarga.

 

Penulis : Fasya Dabbira Asriani (19B)