Teknologi yang Sering Digunakan, namun Kurang Dikenal

Teknologi yang Sering Digunakan, namun Kurang Dikenal

Penulis: Risky Febriawan – Matematika 16B

Augmented Reality?! Pernah mendengar kata itu? Banyak orang yang tidak mengenal istilah teknologi ‘augmented reality‘. Padahal teknologi tersebut sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu saya tertarik untuk memaparkan tentang apasih augmented reality itu? Dan apa ajasih kegunaan teknologi ini?

Menurut wikipedia, augmented reality(realitas tertambah), atau yang kadang dikenal dengan singkatan AR, adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

Apakah dari paparan diatas membuat kalian berfikir bahwa augmented reality mirip dengan virtual reality (VR)? Yap, meskipun terkesan sama namun nyatanya kedua hal tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Secara umum, augmented reality adalah sebuah teknologi untuk menambahan berbagai macam fitur virtual ke dalam dunia nyata dengan maksud untuk memperkaya konten yang ada di dunia nyata. Sedangkan virtual reality adalah sebuah teknologi yang dapat membuat penggunanya masuk ke dalam dunia khayalan/virtual namun keberadaan si pengguna akan terasa sangat nyata dalam dunia virtual tersebut.

Banyak orang yang tidak tau istilah augmented reality, saya pun tahu istilah tersebut dari permainan Pokemon GO. Pokemon GO itu sendiri adalah sebuah permainan di smartphone dengan bantuan gps yang bertujuan untuk mengumpulkan berbagai jenis pokemon dan ada pula vitur battle nya antar sesama user. Augmented reality pada permainan ini diterapkan dengan bantuan kamera smartphone. Pertama kita cari dulu pokemon yang berada di sekitar kita lewat gps, jika sudah menemukan pokemon yang kita inginkan maka kita hampiri pokemon tersebut, setelah sampai di titik yang ditunjukkan oleh gps maka arahkan hp kita ke depan dan secara otomatis pokemon akan muncul di layar hp kita. Dengan bantuan teknologi itu, permainan tersebut akan semakin menarik karena kita dapat melihat berbagai jenis pokemon di dunia nyata hanya dengan mengarahkan layar hp kita saja.

Selain Pokemon Go, penerapan augmented reality dapat kita jumpai di google translate. Google translate menyediakan fitur untuk menerjemahkan berbagai bahasa hanya dengan mengarahkan kamera kita ke tulisan yang ingin diterjemahkan sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk menyalin tulisan tersebut.

Selain itu, augmented reality juga diterapkan dalam dunia bisnis. Sebuah pusat belanja perabot rumah dari Swedia yang bernama ikea juga menerapkan teknologi ini. Ikea memanfaatkan augmented reality sebagai alat bantu agar kita dapat melihat posisi yang cocok ataupun melihat jenis perabotan yang cocok untuk ruangan kita dengan cara meletakkan katalog ikea di tempat yang telah dipilih lalu arahkan kamera smartphone ke katalog tersebut, nanti pada layar smartphone kita akan muncul perabotan tersebut sebagai mana aslinya.

Ada juga aplikasi bernama ikea place, beda seperti sebelumnya yang menggunakan bantuan katalog sebagai mediatornya, dengan menggunakan ikea place ini kita dapat langsung melihat perabotan tersebut di ruangan yang sudah kita tentukan melalui layar smartphone. Namun aplikasi ini hanya tersedia di iPhones dan iPads. Dengan bantuan Augmented reality ini kita dapat melihat perabotan tersebut sudah cocok atau belum ditempatlan di posisi atau ruangan tersebut.

Selain contoh-contoh yg saya paparkan diatas, sebenarnya masih banyak aplikasi lain yg menerapkan augmented reality, seperti instagram dan snapchat. Kedua aplikasi tersebut menerapkan ar pada fitur video dan kamera selfie-nya.

Sekian penjelasan dari saya mengenai augmented reality ini. Sebenarnya masih banyak kegunaan augmented reality di kehidupan sekarang ini apalagi di era perkembangan teknologi yang besar-besaran ini. Siapa tau nantinya kita akan didorong untuk memakai kacamata yang dilengkapi teknologi augmented reality sehingga dapat mempermudah pekerjaan kita. Karena kita tidak tahu akan secanggih apa teknologi pada masa yang akan datang 🙂

,