Tangga

Tangga

Penulis: Abdul Harris Suyudi

Kesibukan baik dalam perkuliahan maupun organisasi terkadang membuat kita lupa atau tidak sempat untuk berolahraga. Padahal, olahraga merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, yang apabila tubuh tidak sehat maka proses belajar akan terganggu, sedemikian sehingga ilmu yang dapat diserap tidak maksimal.

Ketika di kampus kita dihadapkan pada dua pilihan, lift atau tangga. Kebanyakan dari kita lebih memilih lift untuk menuju ke lantai lain. Menggunakan lift memang lebih efektif dan efisien, terlebih saat kita sedang dalam keadaan terlambat. Tetapi jika kita memiliki waktu yang cukup maka tak ada salahnya untuk menggunakan tangga. Di saat minimnya waktu kita untuk berolahraga, maka menggunakan tangga untuk menuju ke lantai yang lain merupakan solusi yang tepat. Selain itu, menaiki atau menuruni tangga memiliki manfaat lain. Yaitu sebagai berikut.

  1. Efektif untuk mengurangi berat badan
    Bagi kita yang ingin mengurangi berat badan tetapi banyak makan dan tidak sempat untuk berolahraga, maka tangga adalah solusinya. Para ilmuwan dari University of Roehampton menemukan, menaiki lima anak tangga lima kali dalam seminggu dapat membakar 302 kalori jika menaikinya satu per satu. Sehingga keinginan kita untuk mengurangi berat badan dapat terwujud.
  2. Lebih mengefisienkan waktu
    Jika kita sedang terlambat dan banyak sekali yang ingin menggunakan lift, maka tangga merupakan alternatif yang cukup efisien. Selain dapat menjaga kesehatan tubuh, waktu kita juga tidak terbuang sia-sia untuk menunggu lift.
  3. Meningkatkan aktivitas jantung
    Menggunakan tangga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung. Berdasarkan hasil penelitian, naik-turun tangga dapat meningkatkan kolesterol baik dalam darah. Naik-turun tangga minimal 7 menit sehari dapat mengurangi risiko serangan jantung sebesar 50%.
  4. Mengurangi sakit punggung
    Bagi mahasiswa belajar merupakan suatu kewajiban, terlebih mahasiswa Jurusan Matematika yang membutuhkan waktu belajar yang lebih banyak. Terkadang terlalu lama duduk ketika belajar dapat menyebabkan punggung kita sakit. Akibatnya proses belajar kita jadi terganggu. Salah satu cara untuk menguranginya yaitu dengan menaiki atau menuruni tangga. Karena ketika berjalan di tangga kita menggunakan otot tubuh bagian bawah dan otot-otot abdominal. Yang mana akan membantu menguatkan otot-otot tersebut dan mengurangi rasa sakit pada punggung.

Itulah beberapa manfaat dari menggunakan tangga. Well, tak ada salahnya jika menggunakan lift untuk menuju ke lantai lain. Tetapi alangkah baiknya jika kita lebih memilih menggunakan tangga, karena melakukannya memiliki banyak manfaat. Dan diharapkan kita dapat lebih bijaksana dalam memilih kapan kita harus menggunakan kedua fasilitas tersebut.

,