Pendidikan Karakter ‘Ketika Hal Kecil Dapat Merubahmu’

Pendidikan Karakter ‘Ketika Hal Kecil Dapat Merubahmu’

Penulis: Matematika 17 A

Kita semua pasti sudah pernah mendengar kata “pendidikan karakter” banyak yang mengartikan pendidikan karakter itu berkaitan dengan sikap, karakter setiap anak, attitude, Dll. Yap, kalian tidak salah dalam mendefinisikan pendidikan karakter seperti itu. Pendidikan karakter itu sendiri penting untuk semua kalangan bukan hanya untuk orangtua yang sudah mempunyai anak, guru, namun kita yang masih remaja yang masih membutuhkan pendidikan pun perlu tau apa itu pendidikan karakter. Sebenarnya apasih arti luas dari “pendidikan karakter” itu? Kenapa pendidikan karakter itu sangat penting?

Siapa sih yang tidak mengenal Ki Hadjar Dewantara? Pasti tau kan, beliau adalah bapak pendidikan nasional. Ki Hadjar mengartikan pendidikan sebagai daya upaya memajukan budi pekerti, pikiran serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesepurnaan hidup, yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam. Dari kata character berasal dari Bahasa Yunani charassein, yang berarti to engrave (melukis, menggambar), seperti orang yang melukis kertas, memahat batu atau metal. Berakar dari pengertian yang seperti itu, character kemudian diartikan sebagai tanda atau ciri khusus, dan karenanya melahirkan suatu pandangan bahwa karakter adalah pola perilaku yang bersifat individual. Seperti arti dari Pendidikan Karakter yaitu pendidikan yang dilakukan untuk membentuk kepribadian seseorang agar menjadi pribadi yang baik, bijaksana, jujur, betanggung jawab, dan bisa menghormati orang lain. dalam dunia pendidikan, pendidikan karakter memang sangat penting bagi peserta didik, untuk bekal mereka ketika sudah bekerja ataupun terjun di dunia politik, dalam dunia politik banyak sekali anggota-anggota politik yang terjerat oleh kasus korupsi, dengan adanya hal demikian maka bagi pendidik perlu membentuk kepribadian peserta didik mulai sejak dini agar menjadi pribadi yang baik.

Kalian pasti sering mendengar “apa pentingnya pendidikan karakter sejak usia dini?” tujuan mengapa pendidikan karakter harus disampaikan merupakan cara terbaik untuk menjamin anak-anak (siswa) memiliki kepribadian yang baik dalam kehidupannya, meningkatkan prestasi akademik, untuk menghormati pihak atau orang lain dan dapat hidup dalam masyarakat yang beragam, untuk menghindari perbuatan seperti ketidaksopanan, ketidakjujuran, kekerasan, pelanggaran, dan etos kerja (belajar) yang rendah.

Pendidikan bukan sekedar berfungsi sebagai media untuk mengembangkan kemampuan semata, melainkan juga berfungsi untuk membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermatabat. Dari hal ini maka sebenarnya pendidikan watak (karakter) tidak bisa ditinggalkan dalam berfungsi pendidikan. Oleh karena itu, sebagai fungsi yang melekat pada keberadaan pendidikan nasional untuk membentuk watak dan peradaban bangsa, pendidikan karakter merupakan manifestasi dari peran tersebut. Untuk itu, pendidikan karakter merupakan tugas dari semua pihak yang terlibat dalam usaha pendidikan (pendidik).

Sehingga dalam mengembangkan pendidikan karakter pada anak bukan hanya tugas guru yang ada disekolah namun semua orang juga ikut serta dalam membangun pendidikan karakter untuk anak tersebut, namun orang tua pun ikut serta dalam membentuk karakter pada anak, karena orang tualah yang paling dekat dengan anak, dan juga anak biasa mengikuti apa yang dilakukan oleh orang di sekitarnya, maka untuk itu orang tua harus menjaga sikapnya, dengan menyotohkan hal-hal kecil yang baik untuk ditiru. Karena berawal dari hal-hal kecil itulah yang dapat merubah pandangan orang lain terhadapmu, seperti sekarang ini anak muda yang sudah sangat jarang mengucapkan kata ‘permisi’ ketika lewat di depan orang yang lebih tua dari mereka, dan jarang juga bertegur sapa dengan orang yang dikenal saat di jalan. Mungkin itu salah satu contoh dari banyaknya hal kecil yang merubah pandangan orang lain terhadap kita. Maka mulailah kita untuk memperbaiki sikap-sikap kita yang terkadang kita lihat sepele.

,