Artificial Neural Network Bagian dari Ilmu Populer AI

Artificial Neural Network Bagian dari Ilmu Populer AI

Penulis: Ivansyah – Matematika 17B

 

Artificial Intelligence atau disingkat AI merupakan suatu kata yang tidak asing lagi di telinga kita, terutama pada Era Digital seperti sekarang ini. Seperti yang kita ketahui, AI merupakan suatu teknologi yang memungkinkan mesin untuk memiliki kapabilitas berpikir layaknya manusia. Penggunaan teknologi ini bahkan sudah cukup sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti face recognizer, speech recognizer dan lain sebagainya. Namun, tahukah anda bahwa salah satu cabang teknologi AI yang ada saat ini terinspirasi dari sistem saraf yang ada di tubuh makhluk hidup? Ya, teknologi tersebut adalah Artificial Neural Network (ANN).

 

Dilansir dari Wikipedia, neural network merupakan suatu jaringan yang terdiri dari neuron atau dalam hal ANN, tersusun dari artificial neurons atau node. Dalam sistem saraf makhluk hidup atau kita sebut dengan biological neural network, setiap neuron tersusun atas komposisi bahan kimia yang masing masing memberikan fungsi tersendiri terhadap neuron tersebut. Suatu neuron akan terhubung ke satu atau lebih neuron lain sehingga membentuk suatu jaringan. Dalam jaringan ini terjadi proses perpindahan rangsangan dari tubuh ke otak dan otak ke tubuh, sehingga memungkinkan suatu makhluk hidup melakukan suatu aksi atau reaksi.

 

Terinspirasi dari biological neural network, ANN memiliki cara kerja yang hampir sama dengan biological neural network yaitu merupakan jaringan nodes yang terkoneksi dimana tiap nodes terdiri dari data dan variabel tertentu yang dapat di proses untuk memperoleh suatu hasil, perintah atau analisis dari suatu masalah yang sedang diselesaikan oleh ANN itu. ANN merupakan cabang dari AI yang mengubah pattern dari node yang terhubung menjadi sekumpulan data yang kemudian dapat diproses kembali oleh komputer.

 

Dalam perkembangannya, beberapa produk atau hasil research & development dari ANN ini cukup membantu. Face recognizer merupakan salah satu teknologi hasil pengembangan dari ANN dimana teknologi komputer dapat melakukan scanning terhadap wajah dan memberikan hasil representasi data tersebut dalam bentuk data kuantitatif. Contoh lain dari perkembangan neural network adalah telah dibuatnya suatu robot yang dapat merespon percakapan manusia dengan cukup ekspresif. ANN ini dapat dikatakan sebagai perkembangan yang cukup pesat dalam bidang artificial intelligence, karena dengan teknologi ini meningkatkan kemampuan mesin untuk mengolah informasi bahkan dalam hal yang dapat dikatakan bersifat kualitatif seperti voice atau face recognizer dalam bentuk data yang bersifat informatif.

 

Jika kita lihat, ANN ini memiliki potensi yang cukup besar untuk kehidupan manusia di masa yang akan datang. Seperti yang telah disebutkan melalui implementasi ANN yang tertuang dalam ilmu AI, telah ditemukan suatu robot yang dapat merespon manusia dengan bahasa dan gimmick wajah yang cukup ekspresif, maka tak heran jika di masa depan ANN berpotensi untuk melahirkan suatu robot yang tidak hanya dapat merespon dialog manusia, namun dapat pula bekerja layaknya manusia sehingga dapat membantu dalam berbagai aspek kehidupan.

 

Demikian penjelasan dari saya mengenai Artificial Neural Network. Pada dasarnya setiap teknologi itu diciptakan dengan maksud untuk membantu aktivitas manusia. Namun secara keseluruhan, suatu teknologi itu akan berdampak baik atau tidak bergantung dari pemakainya (user). Teknologi ANN ini diharapkan mampu menjadi teknologi yang dapat memajukan kesejahteraan manusia, mungkin menjadi AI Assistant dengan personalitas seperti Jarvis dalam Iron Man atau bahkan akan terbentuk robot yang dapat membantu keamanan dengan cara berpikir sendiri seperti Transformer.

,