Sosok Inspirasi Bangsa Indonesia

Sosok Inspirasi Bangsa Indonesia

Dalam kehidupan biasanya kita membutuhkan sosok tokoh inspirasi yang dapat membangkitkan semangat dalam mengejar sebuah mimpi dan tujuan hidup. Sosok inspirasi tersebut bukan hanya sekedar tokoh yang mempunyai banyak penggemar saja, melainkan sosok yang membuat kita menjadi lebih termotivasi untuk melakukan segala hal yang dapat memberikan manfaat untuk orang di sekitar kita. Sosok inspirasi Indonesia yang sampai saat ini masih sangat berpengaruh bagi masyarakat Indonesia mulai dari kalangan muda hingga orang tua sekalipun adalah Prof.Dr.Ing.H.Bacharudin Jusuf Habibie.

 

Prof.Dr.Ing.H.Bacharudin Jusuf Habibie

 

B.J Habibie diahirkan pada tanggal 25 juni 1936 di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Beliau terkenal dengan kecerdasannya yang luar biasa, sikap kritis yang tinggi dan kesetiannya terhadap pasangannya. Karena sikap kritisnya, beliau menjadi sangat peka terhadap permasalahan yang terjadi dalam bidang teknologi di Indonesia, salah satunya ialah Penerbangan. Beliau sangat mahir mengulik dan mengaplikasikan salah satu ilmu Matematika terapan sehingga terciptalah sebuah  rumus yang sangat berguna untuk membuat pesawat terbang yang beliau berinama rumus “Faktor Habibie.” Dengan ditemukanya rumus tersebut, salah satu permasalahan di Indonesia dan seluruh negara yang ada di Dunia ini menjadi lebih terkendali. Dan karena itu juga beliau dijuluki sebagai “Mr.Crack.”

Hal lain yang membuat Habibie menjadi sosok inspirasi yaitu ketekunannya dalam belajar. Hal itu dapat menjadi acuan dan motivasi bagi banyak orang terlebih kepada generasi muda untuk terus belajar dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka. Ketika generasi itu dapat mengembangkan dan mengaplikasikan potensi yang mereka miliki dengan baik, dengan tujuan tidak hanya untuk memperkaya diri mereka dengan harta atas ilmu yang mereka kuasai atau sekedar membuat orang terkesima dengan apa yang mereka ciptakan, melainkan untuk mementingkan masa depan negeri ini. Maka tidak menutup kemungkinan bahwa perkembangan negara kita pun akan semakin membaik. Itulah yang juga dilakukan oleh B.J Habibie. Beliau tidak hanya memikirkan kepentingan sendiri dengan ilmu yang ia miliki, melainkan untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Banyak yang dapat kita teladani dari sifat B.J Habibie. Diantaranya, pendiriannya yang tetap melakukan suatu pekerjaan, meskipun teman-temannya merendahkan segala usahanya dalam menggapai mimpinya yang terlihat gila. Beliau melakukan segala usaha nya semata-mata hanya untuk memajukan Indonesia agar mampu bersaing dalam dunia teknologi. Ketika beliau berhasil mencipakan teknologi baru, sebuah pesawat terbang pertamanya N250 Gatot Kaca, ia tetap rendah hati atas apa yang telah dicapai. Walaupun demikian, keberadaan beliau lebih diakui dan dihargai di negara lain. Kecintaan beliau terhap tanah air Indonesia patut kita tiru, karena sebuah negara akan maju ketika masyarakatnya tidak lupa dengan tanah airnya sediri dan tidak melupakan sejarah berdiri tegaknya kemerdekaan sebuah negara.

 

Pesawat N250 Gatot Kaca

 

Maka dari itu kita sebagai generasi terpelajar harus memiliki sosok inspirasi yang dapat menjadi titik acuan dan pedoman agar kita bisa lebih giat belajar untuk meraih cita-cita di masa depan, bahkan menjadikan diri kita termotivasi agar dapat melampaui sosok inspirasi tersebut. Oleh karena itu mulai dari sekarang carilah sosok inspirasi hidup yang membuat kita menjadi generasi perubah sebuah bangsa, tidak hanya dalam segi ekonomi maupun teknologi bahkan buatlah generasi terpelajar Indonesia memiliki intelektual yang melek akan segala hal. Teruslah berkreasi, jangan pernah takut untuk bermimpi, mimpi itu gratis jadi bermimpilah setinggi mungkin hingga salah satu diantara temanmu berkata “Mimpimu terlalu gila.”

,