Aplikasi Matematika di Perkuliahan

Aplikasi Matematika di Perkuliahan

Abad 21 merupakan era dimana perkembangan globalisasi semakin pesat dan salah satu elemennya adalah teknologi. Pengaruh teknologi yang ada saat ini tak lepas dari pengaruh IPTEK yang semakin maju di berbagai belahan bumi. Teknologi dahulu hanya diperuntukan bagi kalangan bangsawan dan ilmuwan namun kini teknologi dapat dirasakan oleh berbagai kasta (tingkatan) masayarakat yang ada. Di era ini, teknologi semakin mudah didapat dan memiliki daya tarik yang tinggi khususnya bagi kalangan remaja (milenials).

Dalam perkuliahan bidang matematika sangat memanfaatkan teknologi berupa aplikasi. Aplikasi ada banyak macamnya seperti R yang digunakan untuk keperluan analisis data, Python digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak, Mathlab berkemampuan membuat grafik dengan visualisai terbaik, Java yang dikembangkan oleh siapa saja dan dapat dikembangkan dalam sistem operasi manapun, sedangkan C++ digunakan dalam pengembangan berbagai macam produk dan macam-macam aplikasi lainnya yang sangat dibutuhkan terlebih di era globalisasi.

Berdasarkan perkembangan teknologi yang ada saat ini, semua proses perkembangaan tidak terlepas dari ilmu matematika. Dimana matematika sebagai dasar fondasi besar bagi terciptanya kemajuan-kemajuan teknologi didalamnya dan terakurasi dalam mengembangkan sebuah teknologi. Dengan itulah ilmu matematika harus terus menyikapi  perkembangan teknologi menggunakan teorema-teorema dan asumsi baru perkambangan yang lebih pesat.

Seperti ada nya sebuah aplikasi Pyhton yang digunakan untuk berbagai keperluan perangkat lunak. Pyhon adalah aplikasi yang dipakai oleh orang-orang matematika telebih sangat sederhana bahasa programnya dibandingkan dengan yang lainnya dan struktur sintaknya rapi serta mudah dipahami. Program Python ini sudah digunakan programnya dalam perusahaan basar seperti Google, Youutube, Facebook, Instagram, Dropboox, NASA, Quora, Pinterest, NSA, Industrial Light & Magic, Pxar, ESRI, dan banyak lagi aplikasi dari perusahaan besar yang menggunakan python dalam teknologinya.

 

1. Program R

Gambar terkait

Dari banyaknya program aplikasi bahasa pemrograman, dikalangan para data scientist mungkin nama R sudah tidak asing lagi di dengar bahkan digunakan dalam menunjang pekerjaan sehari-hari. R adalah suatu free software untuk analisis data dan grafik yang didasarkan pada bahasa pemrograman S yang dikembangkan oleh Rick Becker, John Chambers, dan Allan Wilks dari AT&T Bell Laboratories (1976). R merupakan bahasa tingkat tinggi (high level language). R ditulis oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman di Universitas Auckland, Selandia Baru. Banyak kelompok orang telah berkontribusi pada R dengan mengirimkan kode dan melaporkan bug. Sejak pertengahan tahun 1997, telah ada grup inti R (“R Development Core Team”) yang dapat memodifikasi arsip kode sumber R. R memiliki keunggulan seperti cepat dan gratis, ahli statistika dapat mengembangkan metode dengan membuat package, kemampuan grafik yang baik, unggul untuk simulasi dan analisis yang membutuhkan pemrograman secara intensif, serta mendorong kita berpikir tentang analisis data. Akan tetapi, R juga memiliki kekurangan seperti tidak user friendly, bagaimana menggunakan suatu fungsi dapat membuat kita frustasi, mudah membuat kesalahan, error sudah menjadi hal yang biasa, serta penyiapan data dapat menjadi suatu yang sulit.

 

2. MATLAB

Hasil gambar untuk matlab logo

Matlab pertama kali diciptakan oleh Cleve Moler pada tahun 1970. Cleve merancang untuk mempermudah akses paea mahasiswa dalam memakai LINPACK dan EISPACK tanpa perlu mempelajari Fortran. Karya Cleve dengan cepat menyebar di universitas-universitas dan disambuy oleh kalangan komunitas matwmatika terapan. Matlab digunakan dibidang pendidikan, khususnya dalam pengajaran aljabar linear dan analisis numerik serta populer dikalangan ilmuwan yang menekuni bidang pengolahan citra.

Dalam lingkungan perguruan tinggi teknik, Matlab merupakan perangkat standar umtuk memperkenalkan dan mengembanhkan penyajian materi matematika, rekayasa dan keilmuwan. Dinindustri, Matlab merupakan perangkat pilihan untuk penelitian dengan produktivitas yang tinggi, pengembangan dan analisanya..

Kata Matlab sendiri berarti MATRIX LABORATORY. Sesuai dengan namanya, matlab digunakan dalam pengolahan operasi matrix-matrix.

 

3. PHYTON

Hasil gambar untuk python logo

Phyton merupakan bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Guido van Rossum dari Belanda dan phyton ini bersifat Open Source yang berarti semua orang bisa terus mengembangkan bahasa pemrograman ini supaya menjadi lebih efektif beriring perkembangannya teknologi di dunia ini,

Phyton merupakan bahasa pemrograman yang unggul dibandingkan C,C++ dan Java karena jika di C,C++ dan Java membutuh kan 5 baris kode dalam mengerjakan sesuatu, sedangkan di Phyton bisa jadi hanya menggunakan 1 baris saja. Dan Phyton merupakan bahasa pemrograman yang mudah dibaca, kodenya mudah ditulis dan mudah diperbaiki jika terdapat kesalahan, dan salah satu mengapa banyak yang mempelajari Phyton karena merupakan bahasa multi-fungsi. Karena merupakan bahasa multi-fungsi, kalian dapat memproses teks, data mining, membuat website, AI, dan juga dapat membuat aplikasi berbasis desktop dan smartphone.

,