Lebih Mengenal Sains Dengan Matematika


Mungkin teman-teman kalau mendengar sesuatu yang berhubungan dengan matematika, pasti akan berpikir bahwa hal itu merupakan suatu aktivitas perhitungan yang sangat rumit. Hal tersebut memang benar adanya sih. Tapi apakah teman-teman pernah berpikir untuk apa sih kita mempelajari ilmu matematika? Banyak rumus yang telah kita pelajari selama ini, mulai dari trigonometri, kalkulus, aljabar, dan lain sebagainya. Apakah akan berguna bagi kehidupan kita ini? Mayoritas teman-teman semua akan menjawab tidak tentunya. Tapi pada kenyataannya, matematika yang selama ini kita anggap tidak terlalu terlihat penerapannya, ternyata telah banyak sekali membantu para ilmuwan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan alam atau yang lebih kita kenal sebagai sains. Yang membuat kita dapat menikmati banyak sekali teknologi serta penemuan-penemuan sains pada saat ini.

Sains merupakan suatu cara yang digunakan untuk dapat mempelajari segala aspek mengenai alam semesta secara terorganisir, sistematik dan juga dapat melalui segala metode dengan saintifik. Sains itupun sendiri secara umum dapat kita bedakan menjadi dua yaitu ilmu pengetahuan alam serta ilmu pengetahuan sosial. Mungkin mayoritas orang beranggapan bahwa matematika merupakan sebuah rumpun ilmu yang dapat dikategorikan ke dalam ilmu pengetahuan alam, lalu apakah hal tersebut benar adanya? Sebelumnya mari kita pahami secara lebih mendalam tentang apa itu matematika.

Kalau teman-teman yang membaca tulisan ini pada awalnya berpendapat bahwa matematika adalah kegiatan yang sekedar melakukan perhitungan angka, luas, volume dan sebagainya rasanya hal tersebut masih kurang tepat untuk mendeskripsikan apa itu matematika. Secara definisi, matematika adalah suatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri dalam mempelajari semua yang berkaitan dengan penalaran. Definisi lain menyebutkan juga bahwa matematika merupakan salah satu pengetahuan tertua dan dianggap sebagai induk atau alat dan Bahasa dasar dari banyak ilmu. Maksud dari matematika mempelajari segala hal yang berkaitan dengan penalaran adalah dalam matematika kita dituntut untuk menyelesaikan suatu permasalahan secara sistematis dan logis, yang dimana artinya dalam bermatematika kita juga mempelajari bagaimana caranya berlogika dengan baik dan benar serta menyelesaikan suatu permasalahan matematika dengan cara yang terstruktur dan dapat diterima dengan logika.

Lalu bagaimana caranya matematika dapat membantu kita dalam mengenal sains secara lebih baik dan mendalam? Mari kita bahas bersama-sama. Matematika dikatakan merupakan induk dari ilmu pengetahuan dan Bahasa dasar dari banyak ilmu. Artinya, kita dapat memandang matematika sebagai sebuah bahasa yang membantu kita dalam mempelajari sains, dari sini dapat kita simpulkan bahwa matematika merupakan ilmu pengetahuan yang membantu kita dalam mengenal sains secara lebih mendalam. Di dalam ilmu Fisika kita dapat menemukan banyak sekali penerapan matematika dalam menjelaskan fenomena-fenomena alam yang terjadi, seperti menghitung kecepatan jatuhnya sebuah benda, percepatan jatuhnya sebuah benda, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Ataupun dalam ilmu kimia kita sangatlah perlu menguasai ilmu perhitungan persentase agar kita dapat menghitung reaksi zat-zat kimia secara tepat. Bahkan di ilmu biologi yang mungkin kita semua berpikir tidak perlu menggunakan ilmu matematika padahal ternyata ilmu matematika masih dapat ditemukan di dalamnya. Oleh karena itu semua, ternyata matematika memiliki peran yang sangat besar dalam membantu kita untuk lebih mengenal sains. Kesimpulannya memiliki kemampuan bermatematika yang baik dapat membantu kita mempelajari sains dengan lebih mudah.

,