Setahun lebih pandemi belum tuntas, kini muncul corona B117?

Setahun lebih pandemi belum tuntas, kini muncul corona B117?

Setahun lebih pandemi belum tuntas, kini muncul corona B117?

Sudah satu tahun lalu, negari Ini mengumumkan adanya warga negara indonesia yang terkonfirmasi positif covid 19. Meski sudah berjalan setahun, virus viral ini tidak beranjak pergi yang ada malah muncul varian baru sebagai hasil mutasi nya, yakni virus corona B117. Varian baru virus corona B117 ini, diberitakan sudah masuk ke indonesia sejak Januari 2021.

Terbaru, Mentri Budi Gunadi Sadikin membeberkan penemuan kasus baru mutasi virus corona B117 di Negri ini. Jumlah tersebut diluar kasus yang sebelumnya di karawang, Jawa Barat. Diberitakan pula bahwa covid 19 B117 ini berasal dari Inggris.

Dokter spesialis primaya hospital tangerang, Dr. Haryanto Utama menyatakan bahwa menurut peneliti, karakteristik covid 19 varian B117 ini lebih mudah menempel pada sel inang dan menginfeksinya dibandingkan covid 19 yang belum termutasi. Covid 19 varian B117 UK tidak lebih berbahaya akan tetapi tingkat penyebarannya sangat tinggi. Gejala yang ditimbulkan pada pasien pun dikatakan hampir sama dengan covid 19 yang belum termutasi. Namun yang membedakan varian baru B117 ini lebih menular karena memiliki tingkat penularan 70% lebih tinggi dari covid 19 yang belum termutasi.

Kondisi ini tentu sangat meresahkan masyarakat, walaupun ada himbauan agar masyarakat tidak khawatir. Pasalnya, meski covid 19 mulai menurun, namun dengan masuk dan menyebarnya varian baru covid b117 di Indonesia, maka hal ini bisa saja memicu naiknya kembali kasus harian pasien terinfeksi virus covid 19.

Sebelum munculnya kasus pertama covid 19 B117, Epidemiolog Universitas Airlangga, Windhu Purnomo memperkirakan fasilitas kesehatan di Indonesia akan mengalami kelumpuhan bila varian virus corona dari mutasi jenis baru dengan nama ilmiah VUI 202012/01 masuk ke tanah air.
“Meskipun varian baru tidak lebih mematikan, tetapi lebih cepat menular, artinya semakin banyak orang tertular, itu akan membuat RS kelabakan, mungkin tidak menambah ICU karena gejala tidak berat, tapi RS tentu kewalahan” Terang Windhu saat dihubungi. Senin (28/12)

Juru bicara vaksinasi covid 19 Mentri kesehatan, siti Nadya tarmizi menegaskan vaksinasi masih berjalan meski ditemukan mutasi virus corona varian baru covid b117 di Indonesia. Sebab, organisasi Kesehatan Dunia WHO belum memberikan intruksi apapun untuk menghentikan vaksinasi akibat munculnya varian baru covid 19 B117 tersebut.

Ruang opini :

Salah seorang mahasiswi mengungkapkan bahwa “Penanganan covid di Indonesia kurang signifikan. Melihat belum konsistennya pemerintah memberikan penanganan secara gratis kepada masyarakat, karena kita ketahui banyak masyarakat yang tertular covid tapi dalam penanganannya harus merogoh biaya yang tidak sedikit. Pemerintah seharusnya memiliki pengawasan terhadap tenaga medis mengenai kecurangan-kecurangan yang terjadi seperti pemalsuan surat, atau vonis kematian covid tetapi ternyata negatif covid. Masyarakat pun harus cerdas dalam menyaring informasi mengenai covid, jangan sampai terpengaruh berita yang belum valid.” Ujar Ervita Medina, Mahasiswi UIN JAKARTA.

Adapun pendapat lainnya mengungkapkan “engga jelas ini sebenernya masih ada apa enggak sih, atau virusnya masih separah dulu apa enggak sih. aku lihat lingkungan sekitar pada biasa aja, dan rata2 negatif jg kl di swab. apalagi daerah kampung, pake masker masih tabu, tapi pas di swab pada negatif. aneh kan? ajaib bgt org2 daerah kampung tuh. menurut aku sih corona balik lg ke kita, gaya hidup yg sehat atau tidak, dan pastinya semua tergantung sugesti diri masing2. masih byk orang yg belum bisa mengontrol sugesti nya.” Ujar Tira Amalia, Mahasiswi Matematika UIN Jakarta.

,