Indonesia wilayah ring of fire, tapi mitigasi masih minim?


Indonesia wilayah ring of fire, tapi mitigasi masih minim?

Belum lama ini, negara Indonesia diberbagai pulau diguncang oleh beberapa gempa bumi. Salah satunya gempa bumi berkekuatan 6,1 yang mengguncang Malang, Jawa Timur pada Sabtu (10/04/2021) pukul 14.05 WIB. Hingga Minggu 11 April 2021, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 8 orang meninggal dan 1.189 rumah mengalami kerusakan. Selain itu, gempa ini telah merusak fasilitas umum di 150 titik. Atas kejadian ini, pemerintah mengingatkan masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan datangnya bencana alam.

“Saya perlu mengingatkan bahwa kita ini berada di wilayah ring of fire, di wilayah cincin api. Oleh karena itu, aktivitas alam dapat terjadi setiap saat” Kata jokowi dalam keterangan pers Minggu (11/04/2021).

Terkait pernyataan itulah, jajaran pemerintahan segera melakukan langkah tanggap darurat. Mulai dari BNPB, Basarnas, Kemenasos, Kemenkes, kementrian PUPR, TNI hingga Polri.
“Mencari dan menemukan korban yang tertimpa reruntuhan. Dan segera melakukan perawatan pada korban yang luka luka. Dan juga penanganan dampak dari adanya gempa bumi tersebut” Ujar presiden Joko Widodo.

Mardani ardy sera mendorong adanya lembaga yang diberikan tugas merespon, memikirkan sampai memitigasi bencana. Hal senada disampaikan oleh wakil ketua DPR, Azis Syamsudin menekankan pentingnya mitigasi bencana lewat pemanfaatan teknologi. Menurutnya, ini poin penting yang harus diterapkan oleh pemerintah daerah.

Ruang opini :
Kalo menurut iya emang sbnrnya kurang bgt nih pemerintah upaya mitigasinya, gak kayak protokol covid yg di gembar-gembor dimana2, digerbong kereta ada, di stasiun, terminal, semua tempat keknya dijadiin iklan gede2an gtu yak. Ampe bosen liatnya. Yaa mungkin karna itu bencana yg amat sangat mengkawatirkan & berkepanjangan sih, jadi lgsg deh pada fokus kesitu. Tapi gabisa nyalahin pemerintah juga sih, menurut aku juga sbnrnya udah diupayakan untuk sosialisasi, contohnya banyak kan di sosmed2nya bmkg,bnpb,bpbd,dll itu disosialisasikan. Nah disini nih tergantung juga dari masyarakatnya

,