Critical Thinking

Critical Thinking

Hai everyone!

Kalian pernah dengar gak sih kata “Critical Thinking”?

Critical thinking atau berpikir kritis adalah suatu proses dalam menganalisis maupun mengevaluasi suatu permasalahan demi mendapatkan suatu kebenaran dari setiap argumen maupun narasi dengan mencari data informasi sebanyak-banyaknya hingga menemukan informasi yang dapat ditelaah secara rasional.

Dengan kata lain, ketika kita mendapatkan suatu informasi ataupun opini dan narasi. Kita bukan memutuskan untuk setuju atau tidak setuju, tetapi kita mengevaluasi lagi permasalahan tersebut secara keseluruhan.

Saat ini setiap informasi lebih mudah diketahui oleh publik, di sinilah critical thinking atau berpikir kritis adalah suatu kewajiban yang harus dipakai oleh seluruh masyarakat Indonesia. Agar masyarakat Indonesia lebih terbuka dari setiap isu yang beredar, di antara website maupun media sosial yang belum tentu benar.

Perpecahan, keributan, maupun konflik antara masyarakat kebanyakan disebabkan oleh isu manipulasi atau hoax yang dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itulah pentingnya membuka pikiran kita dalam menghadapi sebuah isu agar tidak terjadi konflik yang memicu keributan antar masyarakat.

 

Bagaimana caranya agar kita bisa berpikir kritis?

  1. Memformulasikan pertanyaan

Pada suatu informasi alangkah baiknya kita harus memahami, mengapa sih mereka membahas topik ini?, dari mana sih sumber yang mereka dapatkan? nah, pertanyaan-pertanyan itu dapat membantu kita untuk menemukan sebuah pernyataan yang jelas.

  1. Mencari informasi yang relevan

Setelah kita membuat suatu pertanyaan, kita cari informasi dari setiap permasalahan yang kita tanyakan.

  1. Pertimbangkan dampaknya

Ketika kita mendapatkan informasi dari setiap permasalahan yang kita tanyakan, kita lihat dahulu dampak dari informasi yang kita dapati. Apakah bermanfaat atau tidak? dan dari sinilah kita bisa melihat, apakah berita tersebut menimbulkan konflik atau tidak.

  1. Explore alternatif pandangan lain

Kita bisa melihat suatu argumen lain yang pada dasarnya sama-sama mencari tahu kejelasan suatu berita dan mengargumenkan berita tersebut dalam media sosial.

Apasih manfaat critical thinking?

  1. Menjadi percaya diri dengan opini kita.
  2. Mendapatkan kemerdekaan berpikir, kita percaya akan sesuatu yang benar-benar keputusan kita sendiri.
  3. Meningkatkan fungsi dari literasi.
  4. Terhindar dari manipulasi berita hoax di zaman ini.

Berpikir kritis bukan hanya diberlakukan dalam menelaah suatu argumen, informasi atau narasi dalam suatu permasalahan. Tetapi juga kita berlakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya kita memilih keputusan untuk kuliah atau bekerja, mencoba berbisnis, maupun memilih pasangan hidup. Karena dengan hal ini kita dapat mendapatkan keputusan yang baik untuk keberlangsungan hidup kita.

Tetapi jikalau kita sangkut pautkan dalam kehidupan sehari-hari, berpikir kritis mempunyai dampak di balik itu. Karena berpikir kritis mempunyai tahap yang lambat dengan penggunaannya yang akurat dan secara logis. Berpikir kritis digunakan ketika kita  menghadapi permasalahan yang waktunya jangka panjang di dalam kehidupan, jangan kita pakai dalam memilih menu makanan di restoran, nanti pelayannya menunggu kelamaan.

Ayolah kita coba membuka pikiran kita dalam melihat suatu fenomena yang belum tentu jelas, jangan mudah tertipu oleh berita sebelum kita mencari tahu kebenarannya, bisa saja berita tersebut adalah awal perpecahan antar masyarakat. Sebelum niat jahat suatu oknum tersampaikan alangkah baiknya kita jangan langsung menyebarkan berita tersebut, analisis terlebih dahulu, cari kebenarannya agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

 

Penulis : Alfina Nur Safitri (Club Writer)

,