Emotional Self Care

Emotional Self Care

Halo sobat perHITUNGan! Wahhh pasti sekarang lagi semangat banget ya buat mencari pengalaman dan mengulik hal-hal menarik untuk dijadikan pelajaran. Tapi terkadang, secara tidak sadar, kita terlalu asik dengan dunia kita dan terlena akan emosi diri. Setiap perjalanan pasti akan menemukan titik jenuh dan perasaan lelah terhadap apa yang sedang kita kerjakan saat ini. Ingin mundur? Tentu tidak. Karena apa yang sudah kita jalani, itu lah yang sebelumnya kita pilih. Lalu bagaimana cara mengontrol emosi diri? Yukk simak ulasan berikut!

  1. Menyeimbangkan mood

Ternyata menyeimbangkan mood itu perlu loh, Sobat! Dalam menjalani kegiatan apapun, sebaiknya kita lakukan dengan tulus tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Time schedule antara pekerjaan dan hobby yang balance, bisa menyeimbangkan mood kita loh! Misalnya dari pagi hingga sore kita larut akan pekerjaan, namun di malam hari-nya kita bisa me time, seperti menulis jurnal, movie night, dan hal lainnya yang menjadi hobby sobat!

 

  1. Memaafkan diri sendiri

Terkadang terlalu memikirkan orang lain juga akan menyakiti diri sendiri, seolah kita lupa bahwa achievement yang sudah kita dapatkan dan patut diberi apresiasi, tersingkirkan oleh hal kecil yang dipikirkan terus menerus. Sudah sepantasnya kita belajar untuk mulai memaafkan diri sendiri, karena sejatinya salah satu kunci untuk menjadi bahagia adalah dengan memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang pernah dilakukan.

 

  1. Memberikan afirmasi positif ke diri sendiri

Menyemangati diri sendiri ternyata hal yang paling mudah dilakukan namun sering terlupakan. Lagi dan lagi, kita terlalu larut dalam kemungkinan terburuk di masa depan dan cenderung pesimis terhadap apa yang sedang kita lakukan. Semua pemikiran itu sudah sepatutnya kita hilangkan secara perlahan dan menanamkan mindset bahwa “setiap usaha yang saya lakukan akan membawa hasil yang baik”. Memberikan afirmasi positif ke diri sendiri dan mengucap rasa syukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan sudah seharusnya kita terapkan dalam kehidupan nyata.

 

Wahhh 3 poin penting tersebut dapat kita gunakan untuk mengontrol Emotional Self Care ya, Sobat! Yakinlah terhadap setiap perjalanan yang kamu pijaki, cintailah diri sendiri untuk menerima apa yang terjadi dengan segala kekurangan yang ada. Ingatlah bahwa hidup adalah perjalanan. Semakin jauh perjalanan yang kamu lalui, semakin tahu seberapa besar potensi diri yang kamu miliki.

,